Legislator Minta Tingkatkan Implementasi Pendidikan di Indonesia dalam Program Merdeka Belajar

Legislator Minta Tingkatkan Implementasi Pendidikan di Indonesia dalam Program Merdeka Belajar

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat mengikuti kunjungan kerja reses ke Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/2/2023). Foto: Balggys/nr--

SURABAYA, PAGARALAMPOS.COM - Pendidikan sejatinya merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam maju dan mundurnya suatu peradaban.

Hal ini menjadi perhatian Komisi X DPR RI, lantaran kualitas pendidikan di Indonesia melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang dirancang secara matang diselaraskan dengan berbagai program Merdeka Belajar.

"Mengembangkan minat dan bakat siswa, pembelajaran yang menyenangkan, berpusat pada siswa serta mewujudkan profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yanga Maha Esa, dan berahklak Mulia, keberbinekaan global, bergotong-rotong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih dalam kunjungannya ke Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/2/2023).

Dirinya menambahkan bahwa, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga melakukan pendampingan, montoring, evaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan secara berjenjang dari level sekolah, cabang kemudian provinsi dalam Pokja Manajemen Operasional (PMO). Program Merdeka Belajar juga berfokus terhadap materi esensial dan menjadi penggerak upaya peningkatan kualitas pembelajaran.

 BACA JUGA:Jokowi Pastikan Pasokan Beras Bertambah dari Panen Raya

Karakter tersebut memberi ruang bagi guru untuk menyelenggarakan pembelajaran berdiferensiasi.

"Program merdeka belajar juga memberi ruang kepada Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas untuk melek IT. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga melakukan pendampingan, montoring, evaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan secara berjenjang dari level sekolah, cabang kemudian Provinsi dalam PMO," ungkap Abdul Fikri.

Dengan ini, menurutnya, guru menjadi lebih fleksibel melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. Tak lupa fokus pada pembelajaran materi esensial, dan membuat pembelajaran lebih mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

"Supaya kompetensi lebih penting lagi yaitu Merdeka belajar kelebihannya adalah memacu soft skill dan berkomunikasi dalam kebebasan berpendapat seperti halnya prinsip-prinsip Ki Hajar Dewantoro," sebutnya. Sementara itu, pemerintah, sekolah, Guru, dan orang tua perlu bekerja sama untuk mengevakuasi dan memperbaiki program dan kegiatan PTM agar lebih baik di masa depan.

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Cek Harga Bahan Pangan di Pasar Wonokromo

"Secara bertahap guru dituntut meninggalkan cara konvensional dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Kurikulum yang sesuai dengan era saat ini yaitu membiarkan siswa berkembang sesuai minatd bakatnya, guru sebagai fasilitator siswa untuk berkembang," pungkas Politisi Fraksi PKS ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sekertariat dpr ri