Indonesia dan Ekuador Komitmen untuk Perkuat Kerja Sama dalam War on Drugs

Indonesia dan Ekuador Komitmen untuk Perkuat Kerja Sama dalam  War on Drugs

Indonesia dan Ekuador Komitmen untuk Perkuat Kerja Sama dalam War on Drugs-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose menyambut baik kunjungan kerja dari Duta Besar Ekuador untuk Indonesia. Santiago Javier Chávez Pareja, di ruang kerjanya, pada Rabu (15/2/2023). 

Melalui pertemuan tersebut, Indonesia dan Ekuador berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dalam upaya perang melawan narkoba.

Dalam perbincangan yang hangat kali ini, Jenderal bintang tiga tersebut memberikan gambaran persoalan dan tantangan dalam penanggulangan narkoba yang dihadapi Indonesia.

Kepala BNN RI juga menyampaikan sejumlah terobosan yang telah dan akan dilaksanakan guna mengakselerasikan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

BACA JUGA:East Ventures Komitmen Kerja Sama dengan Kemenkes RI Dukung Teknologi Genomik

Menurut orang nomor satu di BNN RI ini, akselerasi perang melawan narkoba harus disertai dengan kerja sama yang kuat baik di level nasional dan internasional, termasuk dengan Ekuador.

Senada dengan hal tersebut, Dubes Ekuador juga menyampaikan pentingnya penguatan kerja sama kedua negara sebagai tindak lanjut dari Letter of Intent yang telah ditandatangani pada 25 Mei 2022.

Dubes Santiago Javier menyampaikan beberapa bidang ketertarikan kerja sama bagi Ekuador, antara lain : program magang dan kunjungan observasi untuk pertukaran informasi dan praktik di bidang operasi polisi untuk pengendalian dan investigasi narkoba, pencucian uang di pusat investigasi kriminal dan teknis-ilmiah di bidang narkoba.

Selanjutnya, pihak Ekuador juga menilai pentingnya kerja sama dalam upaya pertukaran informasi mengenai peredaran narkoba, pencucian uang, perdagangan zat kimia dan kejahatan terkait.

BACA JUGA:Kementerian Kelautan dan Perikanan Jaga Perairan Raja Ampat dari Hama dan Penyakit Ikan Karantina

Di samping itu, pelatihan untuk personel kepolisian Ekuador dalam dalam bidang intelijen anti narkoba, pencucian uang dan pengendalian konsumsi bahan kimia juga sangat dibutuhkan.

Tak kalah penting, Ekuador menilai Indonesia, terutama BNN RI memiliki pengalaman dan kemampuan yang tinggi dalam menanggulangi masalah narkoba sehingga, pihaknya perlu untukdubes ekuador melakukan kunjungan observasi di pelabuhan dan bandara di Indonesia untuk mempelajari teknologi yang digunakan.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman bnn.go.id dengan judul: RI-Ekuador Sepakat Terus Perkuat Kerja Sama Dalam War on Drugs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: