Jadi Perhatian, Waspadai Pohon Tumbang

Jadi Perhatian, Waspadai Pohon Tumbang

Pohon tumbah dan kabal menjuntai halangi akses warga di jalan lintas Lahat-Pagar Alam-Ist-Pagaralampos.com

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, Jhon Hasman menuturkan, di tengah kondisi cuaca yang tak menentu saat ini hendaknya dapat menjadi perhatian semua masyarakat.

Pasalnya kata Jhon Hasman, ketika kondisi cuaca hujan dengan intensitas tinggi yang disertai pula dengan angin kencang, maka yang harus diwaspadai adalah pepohonan yang ada di lingkungan sekitar yang kondisinya banyak lapuk ataupun berpotensi tumbang, hingga dapat membahayakan pengendara melintas.

“Ya, pada saat ini kondisi cuaca tengah tidak menentu. Terkadang hujan yang turut pula disertai angin kencang. Sebab itu kita minta kepada masyarakat Pagaralam untuk dapat mewaspadai pohon tumbang yang mampu menutupi badan jalan dan mengganggu arus lalulintas,” imbau Jhon Hasman.

Pun dengan dampak cuaca ekstrem lainnya kata Jhon Hasman, yang dapat timbulkan banjir maupun kebakaran hutan dan lahan ketika kondisi cuaca panas. Seperti halnya yang belum lama ini terjadi di kawasan Jalan Talang Darat, Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara, terdapat ada pohon tumbang yang menutupi badan jalan.

BACA JUGA:Cerita Raska Mengejar Presiden untuk Berfoto

“Pohon itu tumbang karena angin kencang. Dan kita senantiasa mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati bagi pengendara yang sedang melintas. Dikarenakan angin kencang di kawasan Pagaralam, serta hindari untuk berteduh dan beristirahat di bawah pohon,” serunya.

Meminimalisir adanya kejadian serupa tambah Jhon Hasman, maka pihaknya telah melakukan berbagai pemangkasan terhadap caban dan batang pohon berusia uzur yang rawan tumbang di beberapa titik lokasi, sehingga tidak membahayakan aktivitas masyarakat yang berlalu-lalang di jalan. “Semua upaya yang kita lakukan itu guna mencegah peristiwa atau hal yang tidak diinginkan terjadi,” tandasnya.*

  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: