5 Dampak Buruk Jika Sering Menahan Buang Air Kecil

 5 Dampak Buruk Jika Sering Menahan Buang Air Kecil

Bahaya Menahan Buang Air Kecil-Foto: ist-sumeks.disway.id

PAGARALAMPOS.COM - Buang Air Kecil adalah suatu proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh, Terkadang ada situasi yang mengharuskan untuk menahan Buang Air Kecil. Misalnya saat ada rapat kerja, dalam perjalanan ataupun enggan meninggalkan layar film bioskop.

Padahal, buang air kecil sebenarnya adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa tubuh sudah memiliki kelebihan cairan. Oleh karena itu, terlalu sering menahan kencing bahkan sampai berjam-jam atau sudah menjadi kebiasaan bisa berakibat buruk.

Berikut 5 akibat buruk karena kebiasaan menahan buang air kecil :

BACA JUGA: Ini Nih! Rekomendasi Pakaian Buat Liburan Ke Pantai

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di sekitar pembukaan uretra. Alhasil, bakteri masuk ke dalam uretra ketika Anda tidak buang air kecil.

Buang air kecil adalah salah satu cara mengeluarkan bakteri dari tubuh. Jika menahan kencing, bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

2. Batu ginjal

BACA JUGA:Kenali Penyakit Gondok dan Penyebabnya

Menahan buang air kecil pun dapat memicu terjadinya gangguan dalam tubuh. Salah satu gangguan yang kerap terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil adalah batu ginjal.

Batu ginjal merupakan “batu” kecil yang terbentuk dalam organ ginjal akibat kelebihan natrium dan kalsium. Endapan mineral tersebut tidak dikeluarkan secara teratur melalui urine, sehingga membentuk batu ginjal.

Biasanya, batu ginjal dengan ukuran kecil bisa ikut keluar melalui saluran kemih tanpa mengakibatkan rasa sakit.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau!! Perbedaan Fobia dan Trauma dan Cara Mengatasinya

Namun, ketika kamu terlalu sering menunda berkemih, kandungan mineral dan garam yang ada pada urine justru dapat mengembangkan batu pada ginjal dengan ukuran yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co