Apa Penyebab Jerawat Berulang di Dagu, Yuk Simak Penjelasannya

Apa Penyebab Jerawat Berulang di Dagu, Yuk Simak Penjelasannya

Ilustrasi: Jerawat di dagu-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Jerawat merupakan masalah yang terjadi pada kulit ketika pori-pori atau folikel rambut di kulit wajah tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, atau minyak. Ketika wajah memproduksi terlalu banyak minyak, sel-sel kulit mati yang ada di wajah bisa saling menempel. 

Saat bakteri tumbuh di dalam pori-pori, mereka menyebabkan kemerahan dan peradangan yang khas pada jerawat.

Pada umumnya, jerawat bisa muncul di mana saja, termasuk dagu. Jerawat di dagu merupakan hal yang umum terjadi, terutama bagi wanita. 

Dengan adanya jerawat di dagu ini pasti mengganggu penampilanmu. Lantas apa saja penyebab jerawat di dagu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Kenali Gejala Campak pada Anak dan Cara Mengobatinya

Penyebab jerawat di dagu sama seperti jerawat di bagian wajah dan tubuh lainnya. Jerawat terbentuk akibat kulit mati atau kotoran dan bakteri yang terjebak di satu atau lebih pori-pori pada kulit.

Jerawat di dagu umumnya juga disebabkan oleh fluktuasi hormon. Terutama yang dialami oleh wanita dan remaja, karena keduanya cenderung mengalami fluktuasi hormon yang tinggi. 

Androgen merupakan hormon yang berperan dalam merangsang pembentukan sebum. Sementara itu, sebum merupakan minyak yang bertanggung jawab menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Karena hormon dapat berfluktuasi sepanjang masa dewasa, maka jerawat di dagu bisa muncul dan hilang kapan saja. 

Jerawat merupakan gangguan ringan dan biasanya tidak berbahaya. Namun, salah satu studi di  Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology meneliti wanita dewasa yang berjerawat. Mereka mencatat bahwa, jerawat dapat menjadi gejala depresi atau kecemasan ringan hingga sedang. 

BACA JUGA:Waspada Faktor Resiko Terjadinya Stroke

Rambut Tumbuh Ke Dalam atau Rosacea

Pada beberapa kasus, orang jadi berjerawat karena memiliki salah satu dari dua kondisi lain yang menyerupai jerawat. Yaitu, rambut yang tumbuh ke dalam atau rosacea.

Rambut yang tumbuh ke dalam bisa terjadi karena pencukuran. Jerawat seperti ini rentan dialami oleh pria dibandingkan wanita, karena pria lebih umum melakukan pencukuran rambut di dagu. Namun, siapa pun dapat mengalami rambut yang tumbuh ke dalam, entah itu di dagu atau di bagian lain dari wajah atau tubuh. 

Rambut yang tumbuh ke dalam maksudnya adalah rambut yang tumbuh kembali ke dalam kulit, bukan di luarnya. Jika ini terjadi, rambut yang tumbuh ke dalam dapat menyerupai jerawat dan bisa membengkak atau menjadi merah dan nyeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: