Aktivitas DPRD Kepri Pindah ke Kantor Gubernur, Ada Apa?

Aktivitas DPRD Kepri Pindah ke Kantor Gubernur, Ada Apa?

lafon gedung DPRD Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang, ambrol diterjang puting beliung.-Foto: net-jawapos.com

TANJUNGPINANG,PAGARALAMPOS.COM –  Seluruh aktivitas kedewanan DPRD Kepulauan Riau dipindahkan sementara ke kantor gubernur di Pulau Dompak, Tanjungpinang. Hal tersebut dilakukan sambil menunggu perbaikan plafon dan fasilitas lain yang rusak terdampak angin puting beliung beberapa hari lalu.

”Untuk rapat paripurna dan rapat-rapat lain, sementara akan menggunakan Aula Wan Seri Beni di pusat kantor Pemerintah Provinsi Kepri,” kata Sekretaris DPRD Kepulauan Riau Martin L. Maromon seperti dilansir dari Antara.

Mengenai perbaikan gedung DPRD Kepri, dia menyebut, ada tiga opsi pembiayaan yang bisa digunakan. Yakni, dianggarkan pada APBD Perubahan 2023, menggunakan peraturan kepala daerah (perkada), dan pos biaya tak terduga.

Menurut dia, tiga opsi pembiayaan itu akan dibahas pada rapat Badan Anggaran DPRD bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri yang dijadwalkan secepatnya.

BACA JUGA:Rony Aja Sukses Raih Juara Umum Besemah Road Race Championship 2023

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Provinsi Kepri Abu Bakar mengungkapkan, dari hasil inspeksi dan identifikasi di gedung DPRD, ditemukan kerusakan paling parah berada di atap dan plafon. Kerusakan itu kemudian merembet ke mekanikal dan elektrikal.

”Tak hanya itu, akibat kebocoran atap yang kondisinya sudah tambal sulam, karpet lantai jadi rusak, instalasi AC sentral juga rusak,” sebut Abu Bakar.

Dari hasil perhitungan, kata Abu Bakar, anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan kerusakan itu diperkirakan sekitar Rp 17,5 miliar. Yakni meliputi penggantian atap dengan biaya Rp 2,19 miliar, penggantian plafon Rp 3,7 miliar, elektrikal dan mekanikal Rp 5 miliar, pengecatan bangunan Rp 3,8 miliar, dan pekerjaan arsitektur Rp 1,8 miliar.

”Jumlah tersebut masih estimasi awal dan masih kita bahas secara detail, hasilnya akan kami sampaikan kembali kepada Komisi III DPRD Kepri,” tutur Abu Bakar.

BACA JUGA:Baru Saja Beraktifitas di Pagi Hari, Rumah ini Terkabar Habis

Sebelumnya, plafon gedung DPRD Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang, ambrol diterjang angin puting beliung pada Rabu (11/1). Atap ambrol itu mengenai ruangan sidang paripurna hingga lobi kantor DPRD, tetapi tidak sampai mengakibatkan jatuhnya korban.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com