Mengenal Kelebihan KTP Digital dengan E-KTP Biasa, Ini Penjelasannya!

Mengenal Kelebihan KTP Digital dengan E-KTP Biasa, Ini Penjelasannya!

Foto : Dok/Pagaralampos.com ilustrasi --

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Sejak 2022 lalu gencar mensosialisasikan kartu Tanda penduduk (KTP) digital. 

Apakah anda sudah memiliki KTP digital dan apa pula kelebihannya KTP digital dibanding dengan KTP elekteonik. 

KTP Digital atau identitas digital ini sendiri merupakan pemindahan KTP Elektronik yang saat ini digunakan oleh masyarakat Indonesia ke dalam handphone, baik itu berupa foto, ataupun QR Code.

Kabarnya, KTP Digital ini nantinya bisa diakses melalui handphone, di aplikasi khusus yang akan disediakan oleh pihak terkait.

BACA JUGA:Ngeri-ngeri Sedap, Satu Keluarga Ini Tinggal Bersama Ular Sanca Kembang

Namun, hal tersebut baru rancangan dari Dukcapil dan Kemendagri, belum dirilis ke publik. Diketahui, saat ini KTP Digital tersebut masih dalam proses uji coba di internal Dukcapil. 

Uji Coba internal tersebut dilakukan sejak pertengahan 2021 di 58 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Indonesia dalam rangka untuk penguatan dan pembenahan sistem, serta penguatan sistem keamanan sibernya.

Cara mengakses KTP digital sendiri nantinya diperlukan sejumlah langkah berbentuk verifikasi, yang jelas menjaga keamanan data yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Pembuatan KTP digital ini hanya bisa dilakukan petugas di Dinas Kependudukan Catat Sipil (Disdukcapil) di daerah masing-masing maupun di daerah tinggal sekarang. 

BACA JUGA:Virall ! Orang Utan Khusus Dengarkan Khutbah Sholat Jum'at

Banyak kemudahan yang didapat. Seperti aplikasi penyimpanan bisa diinstal ke smartphone, serta keamanan datanya. Karena untuk mengakses data pribadi, diperlukan PIN enam digit yang hanya diketahui oleh si pemilik KTP tersebut. 

Pemerintah melakukan inovasi ini, untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi. 

Dengan KTP berbasis digital, si pemiliknya tidak perlu lagi melakukan fotocopy. Karena data yang termuat pada KTP digital terkoneksi dengan data kependudukan di pusat. 

Lalu apa saja kelebihan KTP digital dengan KTP elektronik, meski keduanya sebagai tanda identitas diri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: