Hal yang Harus Kamu Lakukan dan Hindari Pasca Operasi Jantung

Hal yang Harus Kamu Lakukan dan Hindari Pasca Operasi Jantung

Ilustrasi.google-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Operasi katup jantung adalah bedah yang dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang mengalami kerusakan. 

Bentuk gangguan pada katup jantung adalah kaku (stenosis) atau kebocoran (regurgitasi).

Jantung memiliki empat katup yang berfungsi sebagai pembatas ruang jantung dan mengatur aliran darah pada saat memompa darah. 

Katup yang pertama adalah katup trikuspid, yaitu katup yang menjadi batas antara atrium (serambi) kanan dan ventrikel (bilik) kanan jantung.

BACA JUGA:Bahaya Hipertensi, Mendapat Julukan The Silent Killer!

Operasi jantung merupakan salah satu operasi besar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perawatan yang benar setelah operasi untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi dan mempercepat proses pemulihan.

Lamanya proses pemulihan dari operasi jantung bisa berbeda-beda pada setiap pasien. Namun, masa pemulihan biasanya berlangsung selama 6–8 minggu.

Untuk mempercepat proses pemulihan, dokter akan memberikan saran kepada Anda mengenai hal apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah menjalani operasi jantung.

Perawatan Usai Operasi Jantung

BACA JUGA:8 Makanan Pelancar Haid yang Berkhasiat

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan setelah menjalani prosedur operasi jantung :

1. Hindari pakaian yang terlalu ketat

Anda disarankan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat sementara waktu. Hal ini karena pakaian ketat dapat menekan dan bergesekan dengan bekas luka sayatan operasi, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhan luka.

2. Tidak mandi dengan cara berendam 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: