BRIGADE Tutup Pendakian Bila Cuaca Kurang Bersahabat

BRIGADE Tutup Pendakian Bila Cuaca Kurang Bersahabat

PENDAKIAN: Sejumlah pecinta alam tengah menyusuri jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo.-Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.DISWAY.ID – Kondisi cuaca ekstreme terjadi dalam kurun waktu 2 pekan terakhir ini, turut pula menyelimuti kawasan puncak Gunung Api Dempo (GAD).

Beranjak dari hal itu, Balai Registrasi Gunung Dempo (BRIGADE) Kota Pagaralam mengimbau kepada masyarakat. Khususnya, para pecinta alam dan penggiat alam bebas, untuk selalu berhati-hati saat berkegiatan, seperti melakukan pendakian ke puncak Gunung Api Dempo.

“Saat ini kondisi GAD tengah mengalami cuaca ekstreme disertai angin kencang dan hujan yang terus-menerus. Untuk itu, kepada pendaki yang ingin muncak, agar menyiapkan peralatan dan  perlengkapan lengkap,” demikian dikatakan Ketua BRIGADE Kota Pagaralam, Arindi Ar.

Dikatakan Arindi, apalagi saat ini musim hujan, para pendaki lebih harus lebih siap lagi. Contohnya, sepatu yang kuat terhadap air, tas yang pakai cover dan juga waterproof, begitu pula kondisi fisik tentunya harus lebih disiapkan lagi. “Dan sebelum mendaki, pendaki pun harus bermalam terlebih dahulu di sekitaran Kampung IV, untuk menyesuaikan suhu tubuh. Sebab musim hujan suhu di Gunung Dempo sangat dingin,” paparnya.

BACA JUGA:Hasilkan Lulusan Berkompeten dengan Terapkan TEFA

Khusus buat pendakian, kata Arindi, pihaknya tetap memberlakukan hingga pukul 14.00 WIB, lewat dari jam tersebut, pendakian sudah tidak diperbolehkan lagi. “Ini sebagai upaya menghindari cuaca yang buruk, serta resiko yang dialami pendaki jika ke malaman di jalur pendakian,” paparnya.

Terkait kondisi cuaca di kawasan Gunung Dempo, Arindi menyebut, saat ini pula seperti biasa, kalau sudah diatas pukul 13.00 WIB, cuaca di Gunung seringkali hujan, kendati di daerah perkotaan masih cerah, sedangkan untuk jumlah pendaki, yang kerap mucak di Gunung Dempo, pada hari weekend atau Sabtu dan Minggu, jumlahnya bisa mencapai 20 – 30 orang.

“Bila di hari biasa, terkadang tidak ada pendaki yang ingin muncak, terkadang pula ada 5 hingga 10 orang saja. Bila kondisi cuaca kurang bersahabat, BRIGADE pun langsung mengambil tindakan, untuk menutup sementara jalur pendakian, sembari menunggu kondisi cuaca bagus, apabila cuaca masih tetap kurang bersahabat, BRIGADE bisa menambah wkatu penutupan jalur pendakian,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, tambah Arindi, pihaknya juga mengimbau, kepada seluruh pendaki dan pecinta alam, yang hendak melakukan aktivitas pendakian ke puncak Dempo, agar kiranya dapat senantiasa mengikuti aturan dari petugas BRIGADE. “Untuk para pendaki, agar tetap mengikuti aturan dari petugas BRIGADE, jangan ragu untuk meminta informasi kepada petugas BRIGADE,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: