Mau Kaya, tanam 11 Komoiditi Perkebunan ini

Mau Kaya, tanam 11 Komoiditi Perkebunan ini

PAGARALAM – Sektor perkebunan di Kota Pagaralam menjadai anadlan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari selain tanaman kopi yang s dah menjadi mata pencarian masyarakat Pagaralam di bawah kaki Gunung Dempo ternyatak ada 11 jenis komditi yang digarap dan dikembangkan petani di kaki Gunung Dempo.

Dari ke 11 komuditi tersebut  Kopi merupakan yang unggulan dengan kata lain sebagai mata pencarian utama masyarakat dengan luas mendominasi.

Lainnya terdiri dari perkebunan Karet, Teh (PTPN VII, red), Sawit, Kakao, Lada, Kemiri, Kelapa, Vanili, Kayu Manis dan Cengkeh.

Dari data Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Kota Pagaralam memiliki luas areal dan produksi perkebunan mencapai 13.191 hektar.

BACA JUGA:DECo Esport Bentuk Divisi Free Fire

Informasi yang dihimpun, sekitar 12.832 hektar merupakan tanaman yang menghasilkan sisanya merupakan tanaman tak menghasilkan. 

“Dari jumlah tersebut, tanaman kopi memiliki areal terluas dengan kata lain lebih dari separuhnya yang mencapai sekitar 8.189 hektar, dan hanya 138 hektar saja yang merupakan tanaman tak menghasilkan,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam Sutrimawati Se MM melalui Kabid Produksi Perkebunan Diki Herlambang SP 

Ditambahkan Kasi Tanaman Tahunan Aswin Oktariano didampingi Salwan SP, selain Kopi ada beberapa jenis tanamam komoditi ini belum digarap maksimal oleh petani atau tanaman yang dibudidayakan belum monokultur.

BACA JUGA:Ribuan Peserta Ramaikan Jalan Sehat Kerukunan

Maksudnya, satu areal ditanam satu jenis tanaman. 

“Seperti Cengkeh, Vanili, Kayu Manis, Kelapa, Lada. Jenis tanaman ini jika dibudidayakan petani jumlahnya tak banyak diareal tak luas,”terangnya seraya mengatakan selain untuk naungan tanaman utama manfaat lainnya budidaya tidak secara monokultur masyarakat petani bisa memiliki pendapatan yang tidak terpaku pada satu jenis tanaman saja. 

Dikatakanya petani bisa mendapatkan tambahan penghasilan jika diversifikasi tanaman dalam satu lahan.

BACA JUGA: Bansos Program Indonesia Pintar (PIP) Cair Lagi, Siap-siap Aktifkan Rekening Bank!

Untuk itu pihaknya terus menekankan kepada petani untuk mengoptimalkan cara budidaya tanaman komoditi dengan baik dan benar agar hasilnya bisa mendongkrak pendapatan. (ald) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: