Gempa Cianjur, Kemenag RI Salurkan Bantuan 3 Miliar Melalui Sembilan Ormas

Gempa Cianjur, Kemenag RI Salurkan Bantuan 3 Miliar Melalui Sembilan Ormas

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin serahkan bantuan untuk penyintas gempa Cianjur-Tangkapan Layar-kemenag.go.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) RI kembali salurkan bantuan untuk penyintas gempa cianjur, bantuan tersebut diberikan langsung oleh Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin kepada sembilan Ormas Islam di kantor pusat Kemenag Jakarta Pusat pada, Kamis 12 Januari 2023.

Dari sembilan Ormas yang menerima bantuan sebesar Rp3 miliar itu yakni Pengurus Wilaya (PW) diantaranya, PW Nahdlatul Ulama (NU) Jabar, PW Muhammadiyah Jabar, PW Persaatuan Islam (Persis), PW Persatuan Umat Islam (PUI), dan Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) NU. 

Kemudian PW Gerakan Pemuda (GP) Ansor, PW Pemuda Muhammadiyah, PW Pemuda Persis, dan Pengurus Cabang GP Ansor Cianjur.

Sebelumnya, Menag Yaqut juga telah menyalurkan bantuan ASN Kemenag senilai RP34.7 miliar untuk penyintas gempa cianjur, bantuan tersebut diberikan bertepatan dengan peluncuran rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kemenag.

BACA JUGA:Wujudkan SDM Berdaya Saing Nasional dan Internasional, Kemnaker Gandeng Stakeholder

Menurut Kamaruddin bantuan tersebut merupakan bentuk pengabdian Kemenag kepada masyarkat, bangsa dan negara, serta dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban warga Cianjur yang sedang menerima ujian.

"Bantuan ini merupakan ikhtiar kita dalam mengabdi kepada umat, masyarakat, bangsa, dan negara terutama bagi warga cianjur," ujar Kamaruddin.

Kamaruddin Amin yang juga merupakan Guru Besar UIN Alauddin Makassar turut menambahkan, bantuan melalui Ormas Islam lantaran peran nyata mereka dalam membantu warga di daerah yang terdampak gempa Cianjur.

"Ormas Islam menjadi bagian fundamental dalam upaya cepat tanggap membantu warga Cianjur. Ormas Keagamaan merupakan mitra strategis pemerintah yang sangat penting. Negara merasa sangat berterima kasih atas kerja sama yang selama ini terbangun," tandasnya.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau. Cara Penanganan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT)

Ahmad Zayadi selaku Direktur Penerangan Agama Islam menambahkan, penyaluaran bantuan melalui Ormas Islam dapat lebih efektif dalam menjangkau penyintas gempa, dan berharap masyarakat dapat segera bangkit untuk melanjutkan kehidupannya.

"Kami meninjau langsung dan menyaksikan dampak kerusakan yang sangat luar biasa. Kehadiran Ormas Keagamaan dengan bahasa agama di tengah masyarakat diharapkan membawa kesejukan dan optimisme pasca bencana bagi penyintas gempa," harapnya.

Hadir, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Jabar, Ohan Burhan, pejabat eselon III dan IV Direktorat Penerangan Islam, dan perwakilan Ormas Islam penerima bantuan. Bantuan akan disalurkan kepada penyintas dalam bentuk kebutuhan sehari-hari, pembangunan fasilitas ibadah, dan hunian sementara. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: