Status Waspada, Gunung Marapi Sumbar 7 Kali Erupsi

Status Waspada, Gunung Marapi Sumbar 7 Kali Erupsi

Foto : dok/pagaralampos.com Gunung Marapi terlihat mengeluarkan debu vulkanik, dari Kota Padangpanjang, Sumatra Barat.--

BACA JUGA:Gunung Kerinci Erupsi, Tiga Bulan Terakhir Sudah 5 Kali Erupsi, Kini Berstatus Waspada, Kondisinya

Ahmad Rifandi mengatakan Gunung Marapi ini terakhir kali tercatat mengalami erupsi pada 2017.

"Berdasarkan hasil pengamatan, analisis data visual maupun instrumental hingga tanggal 07 Januari 2023 pukul 08.00 WIB, maka tingkat aktivitas Gunung Marapi masih tetap pada Level II atau waspada, dengan radius aman 3 kilometer dari kawah," ungkapnya.

Rekomendasi pada tingkat aktivitas Level II atau waspada ini, masyarakat di sekitar Gunung Marapi, dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas atau mendekati radius 3 kilometer dari kawah atau puncak, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan sumber keluarnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan.

"Selain itu masyarakat yang ada di sekitar Gunung Marapi diharapkan tetap tenang tidak terpancing isu-isu tentang letusan, berharap selalu berkoordinasi dengan PVMBG, dan mengikuti arahan dari pemerintah daerah," kata dia.

BACA JUGA:Kegempaan Nihil, Gunung Dempo Aman

Saat ini Gunung Marapi berada pada status Level II atau Waspada, BKSDA mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan mendekat pada radius tiga kilometer dari puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: