Ketahui Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Susah tidur-Tangkapan Layar-Alodokter

Sebisa mungkin jauhkan pula semua alat elektronik atau gadget sebelum tidur, sebab sinar dari alat elektronik dapat menyebabkan terganggunya produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda tertidur

Selain itu, Anda juga dapat menciptakan suasana tidur yang lebih nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau aromaterapi dari lavender untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

3. Batasi waktu tidur siang

Sebagian orang mungkin merasa bahwa tidur di siang hari dapat menyegarkan tubuh mereka saat lelah beraktivitas. Namun, di sisi lain, tidur siang juga dapat membuat seseorang menjadi lebih susah tidur di malam hari.

Oleh karena itu, jika Anda sangat kelelahan dan ingin tidur siang sejenak untuk menambah energi, usahakan untuk tidur selama 10–20 menit saja sebelum jam 3 sore.

4. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Cara selanjutnya untuk mengatasi susah tidur adalah dengan menghindari minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda atau minuman berenergi, terutama pada sore dan malam hari menjelang tidur.

Selain itu, hindari pula konsumsi makanan dalam porsi besar menjelang waktu tidur. Hal ini penting dilakukan karena makan sebelum tidur dapat mengaktifkan kembali saluran cerna, sehingga Anda akan tetap terjaga.

Terlebih untuk penderita asam lambung, makan dalam porsi besar akan memperburuk keluhan yang berdampak pada sulit tidur.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Tak hanya menghindari minuman beralkohol dan berkafein, Anda juga disarankan untuk menghindari rokok. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuat Anda susah tidur dan terjaga sepanjang malam.

6. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari diketahui dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Meski demikian, Anda tidak disarankan berolahraga saat sebelum tidur, sebab hal ini justru akan memberikan efek stimulan pada tubuh dan membuat Anda semakin susah tidur.

7. Hindari stres

Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang dapat mengganggu pola tidur sehat. Untuk meredakan stres, Anda bisa mencoba beberapa cara, seperti rutin melakukan yoga, meditasi, atau relaksasi sebelum tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: