Topang Kota Wisata

Topang Kota Wisata

Rekomendasi Tempat Wisata Pagar Alam Sumatera Selatan-Ari-Pagaralampos.com

PAGARALAM,PAGARALAMPOS - Pengamatan Pagaralam Pos, warung atau rumah makan di Pagaralam memang cukup banyak. Semuanya bisa dijadikan rujukan bagi wisatawan. Namun dari sekian banyak rumah makan itu, hanya sedikit yang menyediakan secara kuliner khas Besemah. Umumnya, rumah makan, apalagi yang sudah maju, mengutamakan kuliner modern. 

Pemerhati Budaya Sumatera Selatan (Sumsel) Ahmad Bastari Suan, menuturkan, potensi kuliner khas Besemah harus digarap lebih baik lagi. Itu kata Bastari, jika ingin Kota Pagaralam benar-benar serius ingin menjadi Kota Wisata

Sebab jelas dia, wisatawan umumnya butuh sesuatu yang baru dan unik. Dan itu sebut dia, ada dalam kuliner lokal. Dalam hal ini tak lain adalah kuliner khas Besemah. “Kalau wisatawan ingin pizza atau gudeg, mereka pasti tidak akan ke Besemah,” sindir Bastari, ketika dimintai pendapatnya beberapa tahun lalu. Bastari telah meninggal dunia di Palembang pada 2019 lalu. 

Bagaimana cara untuk memulainya? Menurut Bastari, harus dimulai dari tingkat yang sederhana terlebih dahulu. Yakni disediakan di semua warung makan. Dengan begitu kata dia, wisatawan yang datang mudah untuk mendapatkannya. 

BACA JUGA:Kuliner Besemah ‘Tinggal Nama’

Selain itu lanjut dia, bisa dimulai dari dunia pendidikan. Bastari menyarankan agar sekolah memberikan mata pelajaran masak-memasak kuliner khas Besemah (muatan lokal, red). Dengan begitu, para siswa tidak akan lupa dengan salahsatu warisan leluhur tersebut. 

“Jangan takut dikatakan tidak modern dengan memperkenalkan masakan warisan nenek moyang sendiri. Jangan jejali anak-anak dengan masakan Itali, Korea, dan lain sebagainya, tapi mereka lupa dengan masakan dari daerah sendiri,” tegas dia.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: