Wartawan Kompetensi Madya Jabat Kapolsek Kradenan

Wartawan Kompetensi Madya Jabat Kapolsek Kradenan

Kapolsek Kradenan Iptu Umbaran Wibowo --komandobhayangkara.id-palpres.com -palpres.com

 

BLORA, PAGARALAMPOS.CO -  Pelantikan Iptu Umbaran Wibowo sebagai Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah, Senin 12 Desember 2022, bikin heboh.

Dikutip palpres.com Selama ini, perwira pertama polisi ini dikenal sebagai wartawan. Bahkan Iptu Umbaran sendiri berkompetensi Madya setelah dinyatakan lulus pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Informasi yang diterima palpres.com, kompetensi wartawan madya yang dimiliki Iptu Umbaran Wibowo berdasarkan nomor 8953-PWI/WDya/DP/I/2018/19/10/84 dengan status pekerjaan sebagai wartawan di TVRI Jateng.

Dengan kata lain, kompetensi wartawan madya yang dimiliki Iptu Umbaran sudah dia miliki sejak tahun 2018. Hal ini bertentangan dengan standar kompetensi wartawan yang menyebut tidak sedang bagian dari anggota TNI dan Polri.

Usut punya usut, Iptu Umbaran ternyata sudah 14 tahun menyamar sebagai wartawan. Sebelum diangkat menjadi Kapolsek, Iptu Umbaran bertugas di Polda Jateng. Bahkan perwira pertama polisi itu ternyata sudah 14 tahun menyamar sebagai kontributor TVRI.

BACA JUGA:Heboh, Warga Bengkulu Utara Temukan Jejak Harimau Besar di Sekitar Rumah

Sebelum diangkat menjadi Kapolsek Iptu Umbaran Wibowo bertugas di Polda Jateng. Fakta ini terungkap saat Polres Blora di Jawa Tengah menggelar upacara serah terima jabatan atau Sertijab. Sertijab ini digelar untuk pejabat utama dan beberapa Kapolsek di jajaran Polres Blora dan dilaksanakan di halaman Mapolres Blora.

Ada 7 pejabat utama Polres Blora yang dirotasi jabatannya dalam Sertijab tersebut. Mereka yang dirotasi antara lain Kabag SDM, Kasat Intelkam serta lima jabatan Kapolsek. Iptu Umbaran Wibowo sendiri menggantikan AKP Lilik Eko Sukaryono.

Sedangkan AKP Lilik Eko Sukaryono beralih tugas sebagai Kapolsek Cepu, menggantikan AKP Agus Budiono. Kapolres Blora, AKBP Fahrurozi, mengatakan sertijab di lingkungan Polri adalah suatu hal yang biasa untuk penyegaran dan pengembangan karier dari anggota.

Dalam sertijab tersebut, AKBP Fahrurozi tak menyinggung secara khusus pengangkatan Iptu Umbaran Wibowo sebagai Kapolsek Kradenan. “Kami ucapkan selamat jalan kepada pejabat yang mutasi keluar Polres Blora,” katanya.

BACA JUGA:Selamat, Sridevi Prabumulih Juara Dangdut Academy 5 2022

Terpisah, Ketua PWI OKI, Mujianto, menilai, tidak mempermasalahkan status wartawan yang dilakoni Iptu Umbaran selama 14 tahun dalam penyamaran. Hal ini mengingat, proses penyamaran yang dilakukan Iptu Umbaran ini pada prinsipnya untuk mengungkap suatu kasus yang berorientasi pada kebaikan.

"Saya malah mengapresiasi profesi ini (wartawan, red) digunakan untuk mengungkap sesuatu. Lagi pula, di dunia wartawan juga ada namanya investigasi, mengungkap sesuatu untuk kebaikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com