Bisa Membuat Kulit Lebih Bersih, Ini Manfaat Detoksifikasi Kulit

Bisa Membuat Kulit Lebih Bersih, Ini Manfaat Detoksifikasi Kulit

Ilustrasi.google--Cepi

PAGARALAMPOS.CO - Kini detoksifikasi tengah menjadi istilah yang banyak dipergunakan untuk berbagai aspek. Selain aspek kesehatan, nyatanya istilah detoksifikasi juga lazim disebut dalam hal kecantikan kulit. Bahkan, saat ini detoksifikasi kulit tengah menjadi tren yang cukup memiliki banyak peminat. Namun, kira-kira apa manfaat dari detoksifikasi kulit yang kini cukup populer?

Manfaat Detoksifikasi Kulit, Secara umum detox atau detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Ini bisa berasal dari lingkungan, dari pola makan, dan dari kebiasaan tertentu dari gaya hidup kurang sehat seperti merokok. Nah, kini tren di dunia kecantikan turut mempopulerkan istilah detoks kulit. 

Padahal, pada dunia medis, sebenarnya tidak ada istilah detoksifikasi pada kulit. Sebab, kulit tidak mungkin untuk mendetoksifikasi karena racun tidak dapat keluar dari tubuh melalui kulit. Meskipun berkeringat mengeluarkan air, keringat tidak menghilangkan kotoran atau zat berbahaya. Berbeda dengan organ lainnya seperti paru-paru, hati, ginjal, dan usus besar. Organ-organ tersebut memiliki kemampuan untuk menghilangkan zat berbahaya dengan sendirinya. 

Nah, istilah detoksifikasi kulit yang tengah menjadi istilah populer sebenarnya mengacu pada perlindungan dan perawatan kulit. Khususnya dari toksin (zat racun), faktor lingkungan seperti debu dan sinar UV. Pada akhirnya detoksifikasi kulit dapat diartikan sebagai mekanisme untuk membuat kulit lebih sehat dan bersih, melalui membersihkan kotoran yang menempel.

BACA JUGA:5 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan Kulit 3 menit

Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan detoksifikasi kulit, kulit akan mendapatkan berbagai manfaat. Mulai dari kulit lebih cerah, lembap, halus, hingga lebih sehat. 

Cara Melakukan Detoksifikasi Kulit , Perawatan kulit dapat menghilangkan sel kulit mati dan meminimalkan tanda-tanda penuaan kulit. Nah, berikut adalah cara yang dapat dilakukan: 

1. Bersihkan kulit setiap hari

Membersihkan kulit setiap hari membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan kotoran lain yang mungkin menyumbat pori-pori. Mencuci juga membantu menghilangkan bakteri dari permukaan kulit.

2. Melakukan eksfoliasi 

Pengelupasan atau eksfoliasi kulit dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Namun, American Academy of Dermatology Association (AAD) memperingatkan bahwa penting untuk melakukan eksfoliasi dengan produk dan metode yang aman. 

3. Melembapkan

Menggunakan pelembab dapat membantu mengurangi kekeringan dan dapat mengurangi tampilan garis dan kerutan. Seseorang harus mencari produk dengan bahan seperti squalene dan asam hialuronat, karena ini menghidrasi kulit.

BACA JUGA:6 Tempat Wisata Malam di Kota Jambi yang Wajib Kamu Kunjungi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc