Pemanfaatan Situs Megalithikum Kota Pagar Alam Sebagai Sumber Belajar Siswa

Pemanfaatan Situs Megalithikum Kota Pagar Alam Sebagai Sumber Belajar Siswa

Fina Nuryani--

Pembelajaran  sejarah  akan  lebih  mudah  dilaksanakan  apabila  dibantu  dengan  sumber  belajar  yang  konkret, dengan adanya sumber belajar yang konkret akan memudahkan guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik.

Hakekat  pembelajaran  sejarah  yang  menyampaikan  peristiwa  masa  lalu  kehidupan manusia  kepada sisiwa, sehingga para siswa akan dapat dengan mudah menangkap dan menghayati gambaran peristiwa sejarah secara utuh. 

Jika  lingkungan  kelas  terkesan membosankan karena belajar dilakukan setiap hari hanya melalui metode ceramah maka kita sebagai guru dapat  menggunakan observasi langsung dengan  materi  yang akan diajarkan sehingga    siswa    merasa  bersemangat  untuk  belajar  dan  tertarik  untuk  belajar  yang  akan  mereka  pelajaran.

Berkaitan dengan hal itu di Kota Pagar Alam banyak terdapat situs sejarah yang memiliki  arti  yang  penting  dalam  perkembangan  sejarah  Indonesia  dan  kemungkinan  dapat dimanfaatkan  sebagai sumber  belajar  sejarah  di  sekolah. 

Seperti situs yang ada di Desa Tegur Wangi lama dimana terdapat baru bergores, bilik batu, batu beghibu, dolmen dan tetralith. Situs di daerah Belumai terdapat kubur batu, batu gajah, batu gelang, lumpang batu, arca manusia dan masih banyak lagi daerah daerah yang ada di Kota Pagar Alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: