Awan Panas Semeru Timbun 2 Jembatan dan Sejumlah Rumah Warga

Awan Panas Semeru Timbun 2 Jembatan dan Sejumlah Rumah Warga

Material vulkanik menutup jembatan di Dusun Kajar Kuning, Kecamatan Candipuro, Lumajang. (Foto: Istimewa) Baca artikel detikjatim, "Awan Panas Semeru Timbun 2 Jembatan dan Sejumlah Rumah Warga" selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6442637/aw--Cepi

JAKARTA , PAGARALAMPOS.CO - Semburan awan panas guguran Gunung Semeru mengakibatkan 2 jembatan dan sejumlah rumah warga di Lumajang tertimbun. Petugas belum bisa melakukan penyisiran dari dekat karena material vulkanik Gunung Semeru masih sangat panas.

Pantuan detikJatim, material vulkanik dari awan panas guguran menimbun jembatan di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro. Selain itu, semburan awan panas juga menimbun sejumlah rumah warga di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

Meski tertimbun material vulkanik, petugas BPBD masih belum bisa mendekati lokasi itu dari jarak dekat karena material vulkanik erupsi Gunung Semeru masih sangat panas.

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan bahwa asesmen masih dilakukan karena material APG Semeru memang masih panas. Terutama di zona merah yang tertimbun material.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Gunung Semeru, Masih Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.000 Meter

"Jadi kerusakan sementara hasil asesmen tadi karena material APG masih panas. Sementara ini beberapa rumah di zona merah tertimbun dan 2 jembatan tertimbun tapi timbunan itu merusak atau tidak jika suasana kondusif kami akan lakukan asesmen lanjutan," ujarnya kepada detikJatim, Minggu (4/12/2022).

Menurutnya penyisiran di lokasi terkena imbas erupsi Gunung Semeru akan dilakukan setelah kondisi Semeru kondusif serta material vulkanik Gunung Semeru sudah mulai dingin.

BACA JUGA:Kisah Cinta Woro dan Betha Berlabuh di Plaminan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber