5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh -tangkapan layar -Net

 

PAGARALAMPOS.CO - Cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat pada dasarnya berfokus pada memberikan tubuh dengan apa yang sejatinya dibutuhkan dan menghindarkannya dari hal-hal yang berisiko merusak fungsinya.

Menjalankan pola hidup sehat adalah dasar dari menjaga tubuh tetap fit. Menjaga kesehatan tubuh bukan berarti harus selalu mahal. Penasaran apa saja yang bisa kita tempuh agar kesehatan selalu terjaga? Simak cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat di sini!

1. Makan makanan yang bergizi. Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Jadi, pastikan tubuh anda selalu menerima asupan nutrisi yang seimbang. Anda bisa konsumsi daging, susu, telur, atau ikan untuk sumber protein, dan karbohidrat dari nasi, kentang, oat, atau roti gandum untuk memberikan anda energi. Jangan lupa selalu konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat prebiotik, vitamin, mineral, serta berbagai antioksidan.

2. Atur waktu tidur. Cara menjaga kesehatan paling mudah sekaligus paling sering terlupakan adalah mengatur jam tidur atau waktu beristirahat. Kelihatannya sepele hingga banyak yang salah mengintepretasikan kebutuhan tidur yang benar.

BACA JUGA:Kisah Cinta Woro dan Betha Berlabuh di Plaminan

Begadang atau terjaga sepanjang malam lalu mengganti tidur di siang hari bakal merusak siklus tubuh. Imbasnya bisa serius pada kesehatan. Seseorang yang kurang tidur atau siklus tidurnya berantakan memiliki risiko lebih tinggi menderita hipertensi, stroke, sakit jantung, obesitas hingga diabetes.

Agar kesehatan terjaga, mulailah membangun disiplin jam tidur. Beri batasan terjaga maksimal di jam 10 malam dan biasakan terbangun pagi hari sebelum matahari terbit. Dengan begitu, sistem tubuh kembali ke pola alami yang tentu lebih sehat.

3. Olahraga Rutin. Selain makan makanan yang bergizi, kamu juga perlu rutin olahraga agar tubuh tetap aktif, sehat, ideal, dan bugar. Olahraga juga dapat mencegah berbagai macam penyakit dan mengurangi stres. Biasakan luangkan waktu setiap harinya selama 20-30 menit untuk menggerakan tubuhmu.Tak perlu yang berat, kamu bisa hanya berjalan kaki atau pilih jenis olahraga lainnya yang kamu sukai.

4. Kelola Stres. Kesehatan bisa terganggu bila kita sering terpapar stres. Ketika terjadi stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan adrenalin yang akan memicu peningkatan detak jantung, 

BACA JUGA:Masyarakat Curhat ke Polsek

pelebaran pembuluh darah di lengan dan kaki, kadar glukosa darah meningkat, dan pernafasan menjadi lebih cepat. Bagi yang memiliki keluhan asma, pernafasan yang berubah cepat bisa memicu panic attack. Selain itu, stres yang kronis akan meningkatkan risiko terkena hipertensi, serangan jantung dan stroke.

Kita bisa mengelola stres ini dengan mengenali trigger yang kerap memicu stres pada diri kita. Misalnya, kita sering stres karena membaca timeline media sosial yang penuh berita buruk dan celoteh menyebalkan. Solusinya, kita bisa mengurangi mengecek media sosial, mulai bermeditasi atau berolahraga untuk merangsang hormon anti stres.

5. Perbanyak Minum Air Putih. Boba dan kopi-kopi kekinian memang selalu membuat kita tergoda. Tapi, jangan lupa untuk perhatikan asupan air putih juga, karena dengan tercukupinya air dalam tubuh, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber