7 Kebiasaan Baik yang Wajib Anda Lakukan Setelah Olahraga

7 Kebiasaan Baik yang Wajib Anda Lakukan Setelah Olahraga

-Ilustrasi olahraga. boldsky.com-Cepi

PAGARALAMPOS.CO - Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Jika Anda sudah terbiasa melakukan aktivitas ini secara rutin, maka Anda dapat menurunkan risiko terkena masalah atau gangguan kesehatan.

Namun, olahraga juga harus dilakukan dengan benar. Ada kebiasaan-kebiasaan baik yang wajib diperhatikan dan dilakukan sebelum dan setelah berolahraga.

Meskipun hal ini sering diabaikan, namun kebiasaan ini penting agar latihan Anda maksimal dan juga untuk meminimalisir terjadinya cidera. Dilansir dari cheatsheet.com, berikut kebiasaan baik yang wajib Anda lakukan setelah olahraga.

Melakukan Pendinginan

Kebiasaan baik yang wajib dilakukan setelah olahraga yang pertama adalah melakukan pendinginan. Setelah Anda selesai berolahraga, detak jantung Anda juga harus tenang.

BACA JUGA:Hal ini yang Pengaruhi Terjadinya Cedera Bahu Saat Olahraga

Ada banyak cara untuk menurunkan detak jantung. Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga dan peregangan. Namun ada juga beberapa orang memilih untuk berlari ringan, berjalan, atau bahkan melompat ke kolam selama beberapa waktu.

Kebiasaan baik yang wajib dilakukan setelah olahraga yang kedua adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan dan pendinginan bisa dilakukan sendiri-sendiri atau bisa juga Anda lakukan bersama-sama.

Peregangan akan membantu Anda membangun fleksibilitas dan mobilitas, yang juga akan berguna untuk latihan dan kehidupan sehari-hari.

Gunakan Rol Busa

Kebiasaan baik yang wajib dilakukan setelah olahraga yang ketiga adalah dengan menggunakan rol busa. Banyak dari Anda mungkin tidak terbiasa dengan rol busa, tetapi begitu Anda mencobanya, Anda akan selalu ingin menggunakannya.

Untuk yang belum tahu, banyak penggemar kebugaran menyarankan menggunakan gulungan yang terbuat dari busa, dan melakukan gerakan berguling di atasnya.

BACA JUGA:SMK Negeri 2 Pagaralam Terima Kunjungan Guru Tamu Dari PT.PLN Persero

Ini dapat membantu menenangkan otot yang lelah setelah berolahraga. Anda bahkan bisa menggunakan rol busa ini sebelum latihan untuk membantu pemanasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber