Ubah Pola Fikir Masyarakat dari Komsumtif Menjadi Produktif, TP-PKK Pagaralam Gelar Edukasi Pencegahan Stuntin

Ubah Pola Fikir Masyarakat dari Komsumtif Menjadi Produktif, TP-PKK Pagaralam Gelar Edukasi Pencegahan Stuntin

CEGAH STUNTING: Pengurus TP-PKK Kota Pagaralam gencar melakukan edukasi pencegahan stunting kepada masyarakat Pagaralam. -Foto: Ist/Pagaralam Pos-

KETUA TP-PKK Kota Pagaralam beserta Pengurus TP-PKK Kota Pagaralam melaksanakan kegiatan Edukasi Pencegahan Stunting, Pemberian Makanan Tambahan Bagi Bayi, Balita dan Ibu Hamil, serta Sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) di Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam  bekerja sama dengan PT. Supreme Energy Rantau Dedap bertempat di Aula Kantor Camat Dempo Tengah, Selasa (22/11)

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Pagaralam Rachma Hareni Noor Alpian, menyampaikan bahwa stunting merupakan salahsatu permasalahan di Indonesia yang sedang berusaha diminimalisir, di Kota Pagaralam sendiri angka prevalensi stunting berada pada  posisi 15,5% dan harus diturunkan hingga mencapai angka target nasional yaitu 14 %.

Menindaklanjuti  Program Gubernur Sumatera Selatan, yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang juga bertujuan untuk mendukung pencegahan stunting. Tujuan GSMP adalah merubah pola fikir masyarakat dari komsumtif menjadi produktif dengan memanfaatkan pekarangan untuk dijadikan lahan bercocok tanam.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pembagian bibit tanaman kayu manis dan sayuran kepada 5 Ketua TP PKK Kecamatan di Kota Pagar Alam dan dilanjutkan dengan penanaman bibit tanaman kayu manis secara bersama di halaman Kantor Camat Dempo Tengah Kota Pagar Alam.

Bantuan bibit tanaman kayu manis dan sayuran ini merupakan bantuan dari PKK Provinsi Sumatera Selatan yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj. Febrita Lustia Herman Deru secara simbolis kepada Ketua TP PKK dari 17 Kabupaten / Kota pada waktu kegiatan Festival Rempah Sumatera Selatan di halaman parkir PTC Mall Palembang pada tanggal 30 Oktober 2022 yang lalu.

Pelatihan ini juga merupakan upaya dalam memberikan wawasan untuk pencegahan stunting bagi masyarakat kota Pagar Alam melalui kader-kader PKK Kecamatan dan Kelurahan, dan hari ini dilaksanakan di Kecamatan Dempo Tengah dan merupakan jadwal keempat dan masih ada 1 kecamatan lainnya  untuk waktu yang akan datang. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: