2.869.999 Batang Kopi Telah Stek Sambung

2.869.999 Batang Kopi Telah Stek Sambung

PAPARAN: Dalam gia penialaian I-SIM for Cities secara zoom meeting, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni paparkan secara detail program unggulan Pemkot Pagaralam stek sambung.-Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH beserta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, melakukan presentasi program unggulan Kota Pagaralam, yakni stek kopi pada acara penilaian Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities melalui zoom meeting, yang mengambil tempat di Ruang Transit Besemah I Setdako Pagaralam, kemarin. 

Kegiatan I-SIM for Cities didukung oleh Bappenas ini, bertujuan untuk menyebarkan pemahaman (Awareness) terhadap TPB/SDGs, pentingnya keterbukaan (disclosure) dan tolak ukur (benchmarking) terhadap progres pencapaian TPB/SDGs di level Nasional hingga sub-Nasional, khususnya pemerintah kota.

Lebih dari itu, program I-SIM for Cities ini pun mendorong pengembangan kapabilitas pemerintah kota terhadap standar kota yang berkelanjutan secara internasional. Serta program I-SIM for Cities dapat menjadi daya tarik pihak swasta maupun global untuk berinvestasi pada program unggulan kota dengan menerapkan shared value antara ESG dan SDGs.

Dalam paparan presentasinya, Kak Pian menjelaskan, sejak tahun 2019 hingga tahun 2021, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Pertanian telah menjalankan program sambung pucuk kopi yang membantu sebanyak 196 Kelompok atau 3.094 petani serta sebanyak 2.869.999 batang kopi telah selesai disambung pucuk atau stek.

BACA JUGA:Tandatangani Nota Kesepahaman, Huawei dan AMSI Jalin Kerjasama

Melalui program sambung pucuk kopi tersebut, telah terbukti dari tahun 2019 hingga tahun 2021 mengalami kenaikan produktivitas hasil perkebunan kopi yang mencapai 58%, dari 12.782 ton menjadi 22.110 ton. “Sehingga pada tahun 2022 ini, Pemkot Pagar Alam telah menggelontorkan lagi bantuan stek kopi kepada 60 kelompok tani atau 1.000.000 batang kopi yang akan diremajakan,” tutup Kak Pian.

BACA JUGA:Tips Meningkatkan Skill Komunikasi

Hasil penilaian presentasi I-SIM for Cities yang diikuti oleh seluruh kepala daerah kota ini, akan menjadi bagian terintegrasi dalam Indonesia’s SDGs Action Awards (SDGs Awards) kategori Pemerintah Daerah (khususnya kota), yang akan disampaikan pada acara SDGs Annual Conference di awal Desember 2022 oleh Kementerian PPN/Bappenas untuk meningkatkan integrasi dan kolaborasi multi pihak dalam TPB/SDGs Indonesia. (Cg09)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: