Cik Ujang Ajak Warga Siapkan Homestay

Cik Ujang Ajak Warga Siapkan Homestay

Cik Ujang-Foto: Ist-

PAGARALAM POS, Lahat - Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel 2023 mendatang, juga akan menjadi berkah bagi sejumlah warga di Kabupaten Lahat. Pasalnya, warga bisa menyewakan rumah pribadinya sebagai tempat tinggal atau "homestay" bagi tamu dan peserta ajang olahraga bergengsi  di Sumsel ini.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH menyadari, ketika perhelatan Porprov 2023 nanti, Lahat akan kekurangan fasilitas menginap untuk para tamu dan peserta. Karena diperkirakan akan ada sekitar 15 ribu tamu yang berada di Lahat selama dua pekan lebih. Sedangkan keberadaan penginapan dan hotel di Kota Lahat, belum mencukupi kebutuhan kabar bagi para tamu tersebut.

"Kepada warga yang rumahnya sedang tidak ditunggu, segera perbaiki, nanti saat porprov bisa jadi homestay. Kalau mau andalkan penginapan yang ada, jumlahnya pasti kurang," kata Cik Ujang, beberapa waktu lalu.

Cik Ujang menambahkan, jika ada warga yang berminat rumahnya dijadikan homestay, bisa berkoordinasi dengan KONI Lahat ataupun Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lahat. Kebradaan homestay nantinya memang dibutuhkan untuk menginap tamu, namun disisi lain momen ini juga jadi ajang berkah bagi masyarakat. "Sebagai tuan rumah, kita harus berikan layanan terbaik kepada tamu kita nanti. Mulai dari penginapan, kuliner, wisata dan lainnya, akan disipakan maksimal," ujarnya.

BACA JUGA:2.586 KPM Keluar Dari PKH

Disisi lain, selain homestay, para UMKM di Lahat nantinya juga akan ketiban untung ketika Porprov digelar. Karena itu, bagi warga Lahat yang ingin berjualan akan dipersilakan. Namun baiknya menjual produk khas Kabupaten Lahat, sehingga bisa jadi soufenir bagi tamu yang datang. "Yang mau jualan, sialakan. Tapi harganya jangan asal-asalan. Jangan karena momen sedang bagus, harga produk yang dijual jadi kemahalan," sampai Cik Ujang. (her18)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: