Manfaat Tanaman Herbal yang Dapat Meremajakan Kulit Agar Terlihat Awet Muda

Manfaat Tanaman Herbal yang Dapat Meremajakan Kulit Agar Terlihat Awet Muda

(Ashawaganda sebagai tanaman untuk membuat kulit tampak awet muda.Foto:Dok.Wholesale Organic Superfoods)--Berbagai.sumber

·   PAGARALAMPOS.CO  -  Merawat kulit untuk tampak muda setiap hari bisa diciptakan dengan aneka tanaman herbal yang mengandung banyak manfaat di dalamnya.

Bahkan beberapa produk perawatan kulit juga telah memilihnya sebagai formulasi yang ditawarkan untuk menjaga kulit.

Mengandung banyak vitamin seperti A, C, E dan antioksidan serta zat enzim, semuanya dipercaya bisa menghambat penuaan. 

Permasalahan seperti noda hitam, kerutan, dan garis-garis halus bisa dihambat dengan meracik tanaman herbal sebagai masker ataupun makanan serta minuman yang bisa dikonsumsi.

BACA JUGA:Ampuh! 5 Obat Ini Bantu Sembuhkan Sariawan 

Bahkan, beberapanya juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu, tanaman apakah yang berkhasiat untuk meremajakan kulit?

Salah satunya untuk kulit ialah kayu manis Tanaman Ashwagandha tidak hanya dipercaya untuk menjaga kesehatan mental dan sejumlah organ tubuh, tapi juga bisa memberikan perawatan untuk kulit. 

Mengandung alkaloid, withanone, withanolide dan lainnya akan memberikan khasiat saat dikonsumsi secara rutin seperti kulit yang lebih glowing dan terlihat lebih muda.

Cara mengolah kayu manisnya Kayu manis dipanen dari kulit bagian dalam kulit pohon Cinnamomum. Kulitnya dibiarkan kering dan meringkuk secara alami menjadi duri, yang juga dikenal sebagai batang kayu manis. 

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Tekan Angka Stunting Sejak Dini

Duri tersebut lalu bisa digiling menjadi bubuk atau diproses untuk membuat minyak kayu manis, ekstrak kayu manis, dan produk kayu manis lainnya. Beberapa cara mengolah kayu manis antara lain: 

Gulungan kayu manis Potongan kulit kayu manis yang digulung sangat baik untuk diseduh bersama secangkir teh, kopi, atau sari buah apel panas, atau dimasukkan ke dalam slow cooker berisi daging. Bubuk kayu manis Ini adalah bentuk kayu manis yang paling populer di lemari dapur kita dan umum digunakan sebagai bagian makanan. 

Kita bisa menggiling sendiri batang kayu manis Ceylon yang cukup lunak untuk diproses dalam penggiling kopi, sementara Cassia cenderung lebih keras. 

Minyak Atsiri kayu manis Minyak yang dibuat dari kulit kayu, daun, dan kulit akar pohon kayu manis dapat digunakan aroma, rasa, dan khasiat obatnya.

BACA JUGA:Limbah Medis Juga Harus Dipilah

Cinnamaldehyde, yang memberi rasa kayu manis, adalah senyawa kimia utama yang berasal dari minyak kulit kayu manis. Minyak daun kayu manis mengandung eugenol konsentrasi tinggi, yang terkadang digunakan sebagai antiseptik. 

Ekstrak kayu manis Ekstrak kayu manis dibuat dengan merendam batang kayu manis di dalam alkohol etanol, menghilangkan padatan, dan kemudian menggunakan sisa cairannya untuk penyedap. Kita bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai.sumber