Tunawisma Didata Saat Malam Regsosek

Tunawisma Didata Saat Malam Regsosek

TUNAWISMA : Petugas Regsosek saat melakukan pendataan kepada tunawisma yang ditemui di kawasan pasar Dempo Permai.-FOTO: IST-

PAGARALAM POS, Pagaralam – Bersama Dinas Sosial Kota Pagaralam, Tim pendataan melakukan giat Malam Regsosek. Informasi yang dihimpun pendataan pada Sabtu malam (29/10) lalu dengan menyambangi sejumlah tunawiswa yang ada ditempat tempat umum.

Untuk diketahui, pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 ini tidak hanya menyambangi kepala keluarga (KK) namun juga tunawiswa juga ikut didata. Termasuk kepala keluarga yang menjalani masa hukuman di lapas. 

BACA JUGA:Warga Binaan Disambangi Petugas Regsosek di Lapas

Kepala BPS Kota Pagaralam Aldianda Maisal melalui Koordinator Fungsi Statistik Sosial Armula Pratama SSt mengatakan,  giat Malam Regsosek ini bertujuan untuk mendata masyarakat yang tunawisma hal ini dilakukan agar tidak ada masyarakat yang tidak terdata dalam pendataan awal Regsosek. 

BACA JUGA:229 Petugas Regsosek Dilatih BPS Pagaralam

“Kita bersama tim yang turun ke lapangan menyisiri titik-titik lokasi yang sering menjadi tempat tunawisma singgah. Tim yang melakukan pendataan pun harus bisa memposisikan diri agar tidak terkesan mengganggu responden atau masyarakat yang tunawisma dan tidak masyarakat pun tidak merasa tertekan atau takut,” katanya.

BACA JUGA:Regsosek Bagian Satu Data Indonesia

Mengapa tunawiswa dilakukan pendataan? Jawab Armula, karena pendataan awal Regsosek ini mendata seluruh masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali. Sebelumnya, pendataan selain mengunjungi kediaman warga, petugas Regsosek juga telah mendata masyarakat di Lapas Kelas III Pagaralam.

BACA JUGA:Regsosek Data Seluruh KK di Pagaralam

Pendataan awal Regsosek merupakan pendataan seluruh penduduk yang mencakup seluruh profil dan kondisi sosial ekonomi. Seperti kondisi sosioekonomi geografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi sosial ekonomi lainnya. 

“Hasil Regsosek akan menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk yang akan membantu meningkatkan keefektifan program-program intervensi pemerintah,” ucap Armula seraya mengingatkan seluruh masyarakat untuk menerima kedatangan petugas dan memberikan data yang sejujurnya. (Atg06)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: