Apa Itu HR Application, Manfaat dan Perannya untuk Perusahaan?

Apa Itu HR Application, Manfaat dan Perannya untuk Perusahaan?

Foto ; Dok/Pagaralampos.co Tampilan HR Application--

• Memastikan penyimpanan data karyawan yang jauh lebih teratur dan optimal, tanpa ada resiko kehilangan data atau data pegawai yang tercecer.

• Menyimpan data karyawan yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh tim HRD perusahaan saja. Sehingga nantinya lebih mudah dalam melakukan aksesnya.

• Membantu akses data karyawan yang lebih optimal dan cepat. Hanya cukup menyediakan jaringan internet maka akses dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

• Memberikan waktu kerja yang lebih efektif dan efisien bagi tim HRD perusahaan. Sistem pencarian data karyawan lebih mudah dan cepat sehingga tidak lagi perlu menghabiskan waktu seperti mencari berkas fisik.

Proses Pengolahan Informasi HR application

Dalam menggunakan HR application, maka pengguna atau tim HRD perusahaan harus mengetahui bagaimana sistem informasi di sistem tersebut diolah dan diberikan untuk keperluan tertentu. Pada dasarnya database akan menyimpan semua data pribadi penting yang terkait karyawan. Mulai dari alamat, nomor telepon, hingga data yang bersifat rahasia seperti gaji dan cuti tiap karyawan. 

Dengan menggunakan HR application, maka tim HRD akan dengan mudah mengakses dan mencari informasi terkait. Data baru juga dapat ditambahkan secara berkala sehingga data karyawan selalu terkini dan diperbaharui.

BACA JUGA:AMSI Gelar Diskusi Temukan Model Baru Bisnis Media Digital

Penyimpanan juga dilakukan online sehingga perusahaan juga jauh lebih menghemat server dan kapasitas penyimpanan file elektronik. Tidak perlu ada lagi berkas salinan fisik sehingga jauh lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Bukan hanya jauh lebih praktis, tetapi dalam sistem yang digunakan oleh HR application, informasi dapat disambungkan pada beberapa sistem lainnya. Seperti sistem penggajian karyawan, pemotongan cuti maupun pemotongan tunjangan dan hal lainnya seperti pajak, BPJS, dan lain-lain. 

Berkat adanya sistem yang teratur tentu saja tidak sulit untuk mengatur dan menghitung satu-persatu data milik tiap karyawan. Untuk perusahaan besar otomatis hal ini jauh lebih bermanfaat, lebih praktis, dan lebih efisien. Karena mengatur data karyawan dalam perusahaan yang besar tentu dapat sangat melelahkan dan membingungkan.

Memaksimalkan daya karyawan dengan penggunaan software semacam HR application memang sangat penting dalam usaha efisiensi karyawan.

Demikian halnya bila menggunakan software lain yang hampir serupa. Ada banyak yang memiliki dasar penggunaan seperti sistem yang dikemukakan oleh HR application.

Misalnya saja menggunakan Mekari Talenta yang merupakan software HR dengan basis seperti HR application untuk mengelola data karyawan perusahaan lebih maksimal. Dengan software tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat serupa dengan penggunaan HR application seperti misalnya:

• Efektifitas dan efisiensi kerja karyawan HRD dalam mengelola data karyawan baik yang umum maupun bersifat rahasia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: