Tinggal Rebutan Posisi Cawapres Saja

Tinggal Rebutan Posisi Cawapres Saja

Anies Baswedan-Foto: net-

JAKABARING – Pengamat politik Ujang Komarudin menilai koalisi NasDem-Demokrat-PKS akan terbentuk seusai elite politik duduk di satu meja yang sama. Momen itu terlihat dalam acara pesta pernikahan anak eks Mensos RI Salim Segaf Al-Jufri. “Kelihatannya, saya melihat pasti berkoalisi,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu melalui layanan pesan, Senin (17/10).

Menurut Ujang, ganjalan tiga partai untuk bekerja sama hanya tentang Cawapres 2024 yang hendak diusung. Pria kelahiran Jawa Barat itu mengatakan soal posisi Capres 2024 dari koalisi NasDem-Demokrat-PKS sudah disepakati, yakni mendukung Anies Baswedan. 

BACA JUGA:Teladani Sifat-sifat Rasulullah SAW, Hj Dessy Siska Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

“Tinggal ketiga partai menyepakati siapa cawapres yang mendampingi Anies. Saat ini saya melihat tiga partai masih punya kepentingan yang sama dan akan berjalan bersama,” ujar Ujang.

BACA JUGA:Verifikasi Faktual Parpol Dilakukan Bulan Oktober Sampai November

Dia mengatakan tiga partai wajib berkoalisi untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden, yakni 20 persen kursi parlemen. Tanpa satu partai, angka 20 persen tidak diperoleh dan upaya mengusung Anies sebagai Capres 2024 akan gagal. “Kalau tidak jadi, ya, Anies tidak menjadi capres hanya angan NasDem saja mengusung Anies,” kata Ujang.

BACA JUGA:Tumbuhkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad di Era Globalisasi

Sebelumnya, sejumlah tokoh penting hadir dalam acara pesta pernikahan anak dari Salim Segaf Al-Jufri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (16/10). Semisal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Selain itu, acara pesta pernikahan turut dihadiri Wakil Presiden ke-10 RI Yusuf Kalla atau JK, Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, dan Ketua Fraksi PD Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

BACA JUGA:Sidang Obstruction of Justice Hendra Kurniawan Cs Dibagi 2 Sesi

Para tokoh yang hadir bahkan terpantau duduk bersama pada satu meja yang sama di acara pesta pernikahan anak Salim Segaf itu. Tampak, meja yang mempersatukan para tokoh berbentuk bulat dengan taplak berkelir hijau tua. SBY dalam foto yang dibagikan politikus PKS Mardani Ali Sera tampak mengambil duduk di sisi kanan bingkai.  Sementara itu, JK duduk di sisi kanan Presiden keenam RI itu. Surya Paloh dalam foto yang dibagikan terlihat duduk di sisi kanan JK dan AHY mengambil posisi di sisi kiri SBY.

Sementara itu, Anies terlihat duduk di sisi kiri Surya Paloh dan persis di sisi kanan eks Mendikbud RI itu terdapat Syaikhu yang mengenakan peci berkelir hitam. Selanjutnya, Ibas terlihat punggung belakang dalam foto yang dibagikan Mardani. Dia duduk di sisi kanan Syaikhu. 

Menurut Mardani, tuan rumah acara pada dasarnya tidak mengatur posisi duduk para tokoh untuk berada pada satu meja yang sama. “On the spot saja,” kata legislator Komisi II DPR RI itu melalui layanan pesan, Minggu (16/10). 

Mardani yang turut hadir di acara pesta pernikahan itu merasakan suasana kekeluargaan ketika para tokoh duduk pada satu meja yang sama. “Hangat dan bersemangat. Lebih dari satu jam,” katanya. Selain tokoh tadi, acara pesta pernikahan anak Salim Segaf turut dihadiri politikus senior PAN Hatta Rajasa dan eks Menkominfo Tifatul Sembiring. (ast/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: