Sosialisasi 5 Pilar STBM Desa Bandar Aji

Sosialisasi 5 Pilar STBM Desa Bandar Aji

Foto: Erick/Pagaralampos.co Sosialisasi : Penjelasan dari Kepala Puskesmas Jarai seputar Pemicu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).--

JARAI, PAGARALAMPOS.CO - UPT Puskesmas Kecamatan Jarai bersama Pemerintah Desa Bandar Aji berikan edukasi tentang pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakatupt p (STBM), melalui Sosialisasi kepada Warga, bertempat di kantor Desa Bandar Aji pada Senin, 3 Oktober 2022 Pagi

STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. 

Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Kepala Puskesmas Jarai Dr.Icah Paramitri dalam penyampaiannya mengatakan, kali ini kita Sosiaslisasi tentang STBM Kepada warga Desa Bandar Aji.

BACA JUGA:Nekat! Copet Ditangkap saat Kalangan Jarai

"kami Puskesmas Jarai bekerjasama dengan pemerintah desa, mengajak puluhan Kepala Rumah tangga dan ibu-ibu rumah tangga yang ada di desa untuk memahami lebih jauh tentang STBM" ujar Dr. Icah

Adapun Lima (5) Pilar STBM yaitu pilar pertama, stop buang air besar sembarangan. Kedua, cuci tangan dengan air menggunakan sabun. Ketiga, pengolahan air minum aman.

BACA JUGA:Capai Target, Pembangunan Jalan Desa Bandar Aji Rampung

Keempat, pengelolaan sampah rumah tangga dan kelima adalah pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Salah seorang warga desa bandar aji pipi (40) mengungkapkan, "dengan mendapat edukasi ini alhamdulillah kita bisa lebih paham tentang 5 pilar STBM" pungkasnya. (KY16/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: