Laksanakan ANBK Dibawah Pohon Karet

Laksanakan ANBK Dibawah Pohon Karet

SIMULASI: Murid SDN 9 Merapi Barat simulasi ANBK dibawah pohon.-Foto: Ist-

PAGARALAM POS, Lahat - Terbatasnya sinyal di SD Negeri 9 Merapi Barat, tidak menyurutkan semangat murid, untuk melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Bahkan murid juga tidak keberatan, menjalankan simulasi, dibawah pohon rindang perkebunan karet dekat sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat, Drs H Suhirdin MM, melalui Kabid Pembina SPd MM mengapresiasi antusias murid dari sekolah tersebut. Meski terkendala sinyal, bukan menjadi alasan bagi mereka, untuk tidak mengikuti simulasi ANBK. Terlebih, dari laporan yang didapat dari grup WhatsApp, murid dari sekolah itu tetap santai menghadapi simulasi. "Ini laporan menarik yang kami terima. Karena semangat murid tidak kalah, dari anak-anak yang bisa mengerjakan simulasi ANBK di dalam kelas," jelasnya, Jumat (30/9). 

Kasi Kurikulum dan Penilaian SD, Iskandar SPd menjelaskan, berdasarkan program Kementrian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud), pelaksanaan simulasi dan pelaksanaan ANBK, tidak harus dilaksanakan di dalam kelas. Tapi dapat dimana saja, dengan sinyal yang kuat. Dengan simulasi ANBK yang dilaksanakan SDN 9 Merapi Barat, didaerah perkebunan karet dekat area sekolah, tidak menutupkemungkinan dilakukan sekolah lain juga ataupun dilakukan secara menginduk ke sekolah terdekat. "Tahun sebelumnya, SDN 9 Merapi Barat itu menumpang di SMPN 8 Lahat, karena ANBK ini harus menggunakan laptop dan sinyal yang kuat," terang Iskandar. 

Iskandar menambahkan, Disdikbud Kabupaten Lahat dari tahun pertama ANBK (2021), telah meluncurkan chroomebook (laptop) dan tower penguat sinyal. Diakui Iskandar, pemasangan tower di sekolah belum merata. Namun dirinya berharap, Kemendikbud maupun instansi lain, dapat memberikan bantuan sarana prasarana, agar seluruh sekolah dapat melaksanakan ANBK dengan lancar. "Tahun ini, ada 296 SD swasta maupun negeri yang ANBK mandiri dan 4 sekolah menginduk.  Pelaksanaan ANBK gelombang I dan II dijadwalkan mulai 24 sampai 27 Oktober. Gelombang III dan IV mulai 31 Oktober sampai 3 November 2022," bebernya. (her18)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: