Jaga Semangat Gotong Royong, Lakukan Normalisasi Irigasi di Dusun Jangkar

Jaga Semangat Gotong Royong, Lakukan Normalisasi Irigasi di Dusun Jangkar

Foto: Dok/Pagaralampos.co PERBAIKI: Sejumlah masyarakat dan pihak terkait melakukan gotong royong perbaikan Irigasi Sungai Agung.--

PAGARALAMPOS.CO, PAGARALAM - Saluran irigasi Siring Agung di Dusun Jangkar, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara dilakukan Normalisasi. 

Pemerintah Kota (Pemkot) melalui pihak Kecamatan Dempo Utara dan Kelurahan Jangkar Mas, bersama BPBD, masyarakat Kelurahan Tanjung Agung, dan seluruh penerima manfaat air melakukan gotong royong normalisasi Irigasi Siring Agung, Kamis 15 September 2022.

Hal ini dilakukan setelah terjadi bencana alam tanah longsor yang terjadi di Irigasi Siring Agung, Dusun Jangkar RT 03 RW 02 pada awal September lalu.

Sehingga mengakibatkan irigasi tersebut tidak dapat mengalirkan air di lahan-lahan milik petani.

BACA JUGA:Pemeliharaan Infrastruktur Irigasi Sekunder dan Primer, Melalui Suntikan Bangub dan APBD

Lurah Jangkar Mas Maman Firmansyah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan juga pihak terkait telah meluangkan waktu untuk membantu proses perbaikan Irigasi Siring Agung tersebut.

"Dengan adanya gotong royong seperti ini proses perbaikan Siring menjadi lebih ringan, sebab dilakukan bersama-sama," ujarnya saat dibincangi pagaralampos.co.

Dampaknya, ada sekitar 200 bidang sawah di Ataghan Jambat Akar, Tanjung Payang, Pagar Agung, Karang Dapo dan Keban Agung, serta kolam ikan penerima manfaat dari aliran irigasi Siring Agung tersebut menjadi kering. 

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Hidupkan Gotong Royong

Puluhan warga, dan pihak terkait terjun ke lokasi guna menuntaskan permasalahan yang terjadi. Secara bahu membahu masyarakat memperbaiki aliran Siring Agung yang memiliki panjang 75 meter dan lebar 2 meter.

Maman berharap agar kekompakan, kerja keras dan semangat gotong royong ini terus hidup di tengah masyarakat. "Jangan tinggalkan budaya gotong, dari sini dapat terjalin silaturahmi antar warga," pungkasnya.(FA15/min3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: