Regsosek Bagian Satu Data Indonesia

Regsosek Bagian Satu Data Indonesia

Ilustrasi--

PAGARALAM POS, PagaralamRegistrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) akan serentak dilakukan di seluruh Indonesiam sekitar Oktober 2022 mendatang, demikian juga di Kota Pagaralam. Saat ini pihak Badan Pusat Statistik Pagaralam tengan melakukan persiapan. 

“Jika Regsosek ini serentak dilakukan di 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia, saat ini kita tengah rekrutmen sebanyak 229 Petugas Pendataannya,” ucap Kepala BPS Kota Pagaralam, Aldianda melalui Koordinator Fungsi Statistik Sosial, Armula Pratama SST kepada Pagaralam Pos, Kamis (15/9). 

Sistem Regsosek merupakan pemutakhiran secara mandiri satu tahun sekali melalui monografi digital desa/kelurahan. Pendataan keluarga ini juga bagian dari satu data indonesia (SDI),” jelasnya. 

BACA JUGA:Regsosek Data Seluruh KK di Pagaralam

Lanjut Armula, jika informasi yang dikumpulkan ini sebagai gambaran kondisi sosial ekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset. Juga kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospesial, tingkat kesejahteraan dan infomasi sosial ekonomi lainnya. 

BACA JUGA:Persiapan Pemilu, DPC Partai Republiku Serahkan SK ke KPU

Data informasi kondisi kesejahteraan keluarga ini sangat penting sebagai masukan pemerintah dalam menentukan kebijakan dalam pembangunan. “Pemanfaatan data kondisi ekonomi seluruh penduduk akan membantu program pemerintah agar nantinya bisa berjalan efektif,” katanya. 

BACA JUGA:Isu AKB Jerry Siagian Dibela Polda Metro Mencuat, Kombes Endra Zulpan Bantah Tudingan Lawan Mabes Polri

Disinggung kapan pelaksanaannya. Jawab Armula, saat ini tengah dilakukan tahapan rekrutmen kepada ratusan calon petugas.

BACA JUGA:Ditanya Soal Cagub DKI, Gus Irfan Gerindra: Untuk Pak Anies No Komen

“Usai rekrutment, September hingga Oktober akan dilakukan pelatihan Instruktur dan Petugas Regsosek,” bebernya seraya mengatakan sesuai dengan jadwalnya, pada 15 Oktober hingga 14 November 2022 pendataan ke lapangan oleh petugas. (Atg06/CE-V) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: