2.260 Anak Telah Tervaksinasi BIAN

2.260 Anak Telah Tervaksinasi BIAN

Foto: Ist/Pagaralam Pos-Desi Elviani SE MSi-

PAGARALAM POS, Pagaralam – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam terus gencar melakukan upaya percepatan pencapaian pada giat Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kota Pagaralam.

“BIAN merupakan program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan di setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pencanangan BIAN sendiri telah dimulai sejak tanggal 18 Mei hingga Juni 2022. Dikarenakan capaian BIAN belum sesuai target, jadi kita diberi waktu perpanjangan buat melaksanakan BIAN hingga akhir September 2022 mendatang,” terang Kepala Dinkes Kota Pagaralam, Desi Elviani SE MSi melalui Sekretaris, Yodhi Hendri SKom MSi, kemarin.

Diterangkan Yodhi, jika imunisasi merupakan upaya pencegahan yang aman, berbiaya rendah dan berdampak besar dalam melindungi masyarakat dari penyakit menular berbahaya, sehingga BIAN menjadi momen penting bersama untuk mengejar ketinggalan imunisasi pada anak.

Mengenai sasaran BIAN, sambung Yodhi, adalah anak-anak dengan usia 9 sampai 59 bulan yang capaiannya sudah 49%, untuk usia 5 sampai 7 tahun capaian baru 46%, dan capaian tertinggi untuk Kota Pagaralam di anak-anak usia 7 sampai 12 tahun ini adalah anak-anak yang sudah masuk Sekolah dengan capaian 91,4%.

BACA JUGA:Jalin Sinergitas, Terima Patroli Sambang Kepolisian

“Target sasaran untuk BIAN ini sasaran kita ada 32.967 anak dan yang telah tervaksin dan imunisasi ada 2.260 anak, jadi capaian kita untuk Kota Pagaralam pada program BIAN ini sudah mencapai 66,7%,” jelasnya. 

BACA JUGA:Persiapan Pemilu, Partai PKS Pagaralam Telah Diverifikasi Oleh KPU Pagaralam

Yodhi menambahkan, jika Dinkes Kota Pagaralam masih memililiki waktu perpanjangan, sehingga khususnya di bidang P2M agar lebih giat lagi mensosialisasikan BIAN ke masyarakat. Khususnya ibu-ibu, karena targetnya ini masih rendah di anak dengan usia di bawah 9 bulan itu masih di bawah 50%. 

“Tidak hanya orangtua, tapi juga seluruh anggota kewilayahan harus memahami akan pentingnya BIAN agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. Bahwa BIAN dapat melindungi anak dari penyakit Campak, Rubella, Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, batuk rejan dan Hepatitis B,” tutupnya. (Cg09/Dep12/CE-V)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: