Pengeluaran Perkapita Berdasarkan Kelompok Komodita

Pengeluaran Perkapita Berdasarkan Kelompok Komodita

Foto : ilustrasi--

PAGARALAMPOS.CO, Pagaralam – Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan BPS Kota Pagaralam, pengeluaran perkapita penduduk Pagaralam untuk keperluan Perumahan dan Fasilitas Rumah Tangga. 

Hal ini dibenarkan Kapala BPS Kota Pagaralam Aldiana melalui siaran persnya. Yang mana pengeluaran perkapita menurut kelompok komoditas.

“Yang mana untuk pengeluaran per kapita rata rata sebulan di Kota Pagaralam pada Tahun 2021 sebesar Rp 943.736. Artinya, secara rata-rata pengeluaran bulanan anggota rumah tangga di Kota Pagaralam pada tahun 2021 sebesar Rp.943.736 rupiah,” ulasnya.

Dia  menyebutkan, yang dimaksudakan dengan pengeluaran per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan. Baik yang berasal dari pembelian,

BACA JUGA:Bantu Tingkat Ekonomi, Promosikan Objek Wisata

pemberian maupun produksi sendiri dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga dalam rumah tangga tersebut.

Dari pendataan Susenas di tahun lalu ini, ternyata pengeluaran per kapita ini dikaji lebih dalam menurut kelompok komoditasnya, ternyata pengeluaran penduduk Pagaralam untuk makanan dan minuman jadi menempati posisi ke-2 tertinggi,

BACA JUGA:Harga Pertalite Dipaksa Naik, Sri Mulyani: Jika Tidak..

dan rokok di posisi ke-4 tertinggi. Sedangkan tertinggi untuk pengeluaran pemenuhan perumahan dan fasilitas rumah tangga.

Detailnya, diurutan pertama tertinggi sebesar Rp. 213.148, untuk pengeluaran makanan dan minuman jadi Rp. 141.414,

pengeluaran aneka barang dan jasa Rp. 97.760 sedangkan diurutan keempat Rp. 78.496.

Perlu diketahui, semakin tinggi pendapatan semakin tinggi pengeluaran bukan makanannya. Sebaliknya,

makin tinggi persentase pengeluaran makanan terhadap total pengeluaran, maka makin rendah tingkat kesejahteraannya. (Atg06)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: