Salurkan Kredit 0% Rp. 8 M Untuk Usaha Pertanian

Salurkan Kredit 0% Rp. 8 M Untuk Usaha Pertanian

Foto: gusti/Pagaralam Pos PERTANIAN : Salahsatu usaha pertanian yang dilakukan petani di Kota Pagaralam. --

PAGARALAMPOS.CO, PagaralamProgram pinjaman  0 persen sepertinya menggeliatkan ekonomi kerakyatan dikalangan petani. Ditahun ini, dari data Dinas Pertanian Kota Pagaralam , Pemkot Pagaralam telah memgasilitasi pencairan untuk usaha mikro dan kecil sudah tembus Rp. 8 miliar lebih.

BACA JUGA:Areal Pertanian Diserang OPT

“Realisasi sampai akhir Juli 2022 sudah sebesar Rp. 8.012.000.000. Angka ini dikucurkan kepada 288 debitur untuk mengembangjan usah pertanian di wilayah Kota Pagaralam,” ucap Kepala Dinas Pertanian Gunsono Mekson SE MM melalui Kabid Sapras Sulhadi SP kepada Pagaralam Pos, Senin (15/8).

Lanjut dia, untuk mendapatkan pinjaman  yang bunganya ditanggung Pemkot Pagaralam melalui APBD kota ini pemohon harus memenuhi syarat. “Seperti identitas pemohon, berdomisili di Pagaralam yang tak kalah penting bukan nasabah tersandung kredit macet,” katanya.

Pihak dinas sebatas memberikan rekomendasi untuk pengajuan kredit ke Bank SumselBabel sebagai perbankan yang bekerjasama melaksanakan program kredit dengan bunga 0 persen ini.

“Dari rekomendasi dinas, pemohon akan dilakukan verfikasi oleh pihak bank yang menentukan layak atau tidak. Sementara program bunga 0 persen ini dengan nominal pinjaman bervariasi bahkan ada yang mencapai Rp.50 juta,” beber Sulhadi seraya mengatakan untuk jumlah pemohon ada sekitar 375 relomendasikan.

BACA JUGA:Dukung Potensi Pertanian dan Alam

Dengan adanya program ini tentunya mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Sebeb, petani atau yang terelasisasi pinjaman ini bisa mengembangkan usaha mereka salahsatunya di sektor pertanian.

“Harapan kita, dalam hal ini pemerintah kota usaha petani semakin berkembang. Pendapatan mereka bertambah dan kesejahteraan mereka membaik,” pungkas Sulhadi. (Atg06/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: