KSM Binaan Miliki Toko Online

KSM Binaan Miliki Toko Online

FOTO : gusti/Pagaralam Pos TOKO ONLINE : Peserta dan narasumber berfoto bersama disela pelatihan manajemen usaha yang ditutup Plt Kadisperkimtan Pagaralam, Jumat (12/8). --

PAGARALAMPOS.CO, Pagaralam – Untuk menjangkau serta memperluas jejaring pemasaran, perlunya strategi agar produk mampu bersaing dengan kompetitor. Hal inilah menjadi tantangan bagi KSM atau UMK di Kota Pagaralam agar bisa tetap eksis dan mampu memaasarkan produk penjualannya.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Peningkatan Kualitas Greenbin Kopi

Ditengah era digital saat ini, strategi pemasaran sudah bergeser. Penguasaan teknologi komunikasi diperlukan dan harus dikuasai para pelaku usaha mikro dan kecil.

“Diera digital saat ini penjualan produk sudah dalam genggaman, produk sudah dijual secara online. Dalam hal ini pemasaran memanfaatkan market place melalui media sosial,” ucap Riki Apriansyah, naraumber pelatihan pemasaran market place, Jumat (12/8) bertempat di Dempo Flower Hotel.

 Produk sudah banyak dijual di market place, kata Riki. Seperti Shope, Toko Pedia, atau Lazada. “Market place bisa dimanfaatkan oleh KSM untuk membuka Toko online,” ulas dia.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

Pada pelatihan ini, perserta dari komite, pengelola BDC, LKM dan KPP diajarkan cara membuka toko online. “Alhamdulillah, tak sedikit dari 24 peserta yang mengikuti sudah berhasil membuka toko online,” ucapnya seraya menyarankan, yang memiliki produk giatkan lagi membuka toko online.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Pagaralam David Kenedi ST MM mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada narsum yang telah mengajarkan materi pelatihan, salahsatunya dari Dewan Kopi Sumsel.

BACA JUGA:Sosialisasi dan Stek Perdana Penyambungan Tanaman Kopi

“Terkhusus terkait pelatihan pemasaran online ini menajadi tuntutan bagi KSM mulai melakukan strategi ini ditengah era digital,” pungkas dia seraya mengatakan terkait pelatihan ini mewakili Pemkot Pagaralam akan membentuk tim work untuk mengembangkan program BDC dan pembinaan kepada KSM di rumah produksi kopi. (Atg06/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.disway.id