Waspadai Serangan Anjing Gila

Waspadai Serangan Anjing Gila

Ilustrasi--

PAGARALAM POS, Pagaralam – Masyarakat Kota Pagaralam senantiasa diminta, untuk selalu mewaspadai terhadap serangan maupun gigitan anjing gila. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan hewan-hewan tersebut, membawa penyakit dan berpotensi menyebarkan penyakit rabies kepada manusia.

BACA JUGA:RSUD Besemah Tingkatkan Layanan Kesmas, Kesehatan Jadi Skala Prioritas

            Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam, Desi Elviani SE MSi melalui Kabid P2M Kota Pagaralam Ernayati mengatakan, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat, agar bisa selalu senantiasa mewaspadai keberadaan anjing liar.

BACA JUGA:Dilatih Mengenali dan Pengembangan Potensi Personal

            “Sebab, kita telah mendapatkan laporan dari warga, soal keberadaan anjing liar yang cukup meresahkan. Bahkan kawanan hewan tersebut, tak jaran berani masuk ke pemukiman warga, termasuk pula menyerang warga,” katanya.

BACA JUGA:Punya Nilai Jual Tinggi, Ajak Warga Budidaya Pinang

            Adanya laporan itu, kata Ernayati, sudah barang tentu harus senantisa waspada, serta tak segan untuk melapor ke petugas, jika ada anjing liar di wilayahnya. “Untuk orang yang kena gigitan anjing ini, bisa melapor ke Puskesmas, agar bisa di suntik rabies, sebagai pengobatan orang yang di gigit anjing liar. Sekali lagi, kita imbau kepada masyarakat, supaya selalu waspada terhadap gigitan anjing, apalagi itu anjing liar,” imbuhnya.

            Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson, SE, MM melalui Kabid Peternakan Eta Suryani SP didampingi Kepala UPTD Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat drh Ria Octaviani menuturkan, kalau masalah gigitan, banyak faktor yang bisa menyebabkan hewan itu menyerang. “Salahsatunya, ialah karena hewan itu diganggu, sebagai upaya pencegahan terjadinya penyakit rabies, kami melakukan vaksinasi rabies pada hewan,” tandasnya. (Cg09)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: