Akreditasi Rumah Sakit Bisa Tingkatkan Mutu Pelayanan

Akreditasi Rumah Sakit Bisa Tingkatkan Mutu Pelayanan

Foto: Gita/PagaralamPos TINGKATKAN: Tampak bagian depan RSUD Besemah, Kota Pagaralam.--

PAGARALAMPOS.CO, Pagaralam - Akreditasi rumah sakit merupakan hal yang penting untuk menjamin mutu layanan rumah sakit dan menjamin keselamatan pasien.

Saat ini RSUD Besemah Kota Pagaralam sedang gencar dalam mengevaluasi dan memperbaiki semua fasilitas dan pelayanan yang ada di Rumah Sakit dikarenakan pada Bulan Januari Tahun 2023 mendatang akan dilaksanakannya akreditasi.

BACA JUGA:Tekan Penurunan Prevalensi Stunting

Direktur RSD Besemah Kota Pagaralam dr. Yunita melalui Kasubag TU Rahayu Darmaheni SKM MPH mengatakan bahwa akreditasi merupakan bentuk pengakuan pemerintah kepada rumah sakit yang telah memenuhi standar yang telah tetapkan.

Lebih lanjut Rahayu mengatakan bahwa Rumah Sakit akan dirugikan jika tidak memiliki akreditasi, salah satunya adalah tidak dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Saat ini BPJS sedang melakukan program Universal Health Coverage (UHS) atau jaminan kesehatan yang membantu masyarakat mendapatkan pengobatan secara menyeluruh tanpa harus membayar lagi sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan. 

"Jika Rumah Sakit tidak mendapatkan akreditasi maka tidak bisa bekerjasama dengan BPJS karena 90% masyarakat adalah pengguna BPJS jadi kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap mempertahankan akreditasi ini" lanjut Rahayu.

BACA JUGA:Tingkatkan Komitmen, Turunkan Angka Stunting

"Untuk saat ini kita sudah menyiapkan tim untuk persiapan akreditasi karena Akreditasi ini bukan hanya dilihat melalui dokumen saja tetapi apa yang ada dilapangan juga seperti SDM, pelayanan, serta sarana dan prasarana" Terang Rahayu.

Tujuannya selain sebagai upaya standarisasi layanan, juga memberikan pengakuan dan penghargaan kepada rumah sakit yang telah mencapai tingkat pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. (GT04/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: