KSM Mengenal perbedaan Full Wash dan Honey

KSM Mengenal perbedaan Full Wash dan Honey

Foto : Sandi/Pagaralam Pos FULL WASH : Peserta pelatihan melakukan praktik full wash--

PAGARALAMPOS.CO, Candi Jaya - Puluhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di rumah Produksi kopi Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah, kembali mengikuti pelatihan terkait pengolahan kopi. Pada rabu (3/8) pagi, 

 

Pembekalan praktikum tersebut mengenai Full Wash dan Honey di bagi 3 kelompok. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sesi Radial, Pemateri Pelatihan Pengolahan kopi. "Praktikum hari ini dimulai dari pasca panen, perambangan nanti setiap kelompok membuat proses pengolahan kopi, salah satunya full wash dan honey" pungkasnya.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Peningkatan Kualitas Greenbin Kopi

"Metode full wash ini adalah cara mengupas kopi yang selalu berkaitan bersentuhan dengan air. Mulai dari pemilihan kualitas cherry, dipisahkan kulit luarnya, hingga proses fermentasi, semua bersentuhan dengan air, sedangkan Honey adalah cherry awalnya dipisah untuk mengambil yang berkualitas. Caranya direndam dan diangkat yang mengapung (cherry kurang bagus). Tuturnya.

 

Sesi berharap, dengan adanya pelatihan seperti ini, dapat menambah ilmu pengetahuan, dan bisa membedakan mana proses full wash dan mana proses honey.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

"Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, dapat memberikan cara pengolahan kopi dengan baik, dan dapat membedakan proses honey dan full wash, sehingga ketika nanti dilapangan ada permintaan dari buyer sesuai proses olahan yang diminta, ksm-ksm ini mengerti untuk mereka melakukan proses permintaan buyer tersebut. Tanbahnya (SZ14/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pelatihan terkait pengolahan kopi