KSM Dilatih Roasting Greenbin Kopi

KSM Dilatih Roasting Greenbin Kopi

Foto : gusti/Pagaralam Pos ROASTING – Peserta pelatihan melakukan praktik pengolahan kopi dengan mesin roasting, Sabtu (30/7).--

PAGARALAMPOS.CO, Pagaralam – Puluhan kelompok swadaya masyarakat (KSM) rumah produksi kopi di Pagaralam dilatih pengolahan kopi. Bertempat di Rumah Produksi kopi Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah diberikan pembekalan praktikum pengolahan kopi.

Sesi Radial pemateri pelatihan mengatakan, peserta diberikan pengetahuan mengenai pengenalan fisik kopi dan mesin pengolahan kopi.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Peningkatan Kualitas Greenbin Kopi

“Peserta dilatih penggunaan masin roasting atau sangrai,” kata Sesi owner Kedai Jagad Besemah.

Dia memberikan tips, menghasilkan roastbin sesuai yang diinginkan. Mulai dari kadar air greenbin, dan suhu mesin roastbin. “Ada beberapa warna roastbin yang diinginkan mulai dari light, medium, dark ,” ucap dia seraya mengatakan baiknya hasil roastingan bisa dicuping untuk mengetahui cita rasanya.

Tidak cukup disitu, biji kopi tidak sebatas di roasting. Untuk pemasarannya perlu kemasan. Dan ada beberapa jenis cara dan bahan untuk pengemasan. 

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

Niwayan Yuli, salahsatu peserta mengatakan, dirinya menyambut baik adanya pelatihan.

“Diharapkan adanya pelatihan ini bisa memberikan pengetahuan cara pengolahan kopi. Tak kalah penting edukasi ini juga bisa merubah mainset petani kopi kedepan bisa menghasilkan kopi yang berkualitas  dengan petik merah,” pungkasnya. (Atg06/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.disway.id