Benih Padi Unggul Dongkrak Produksi Panen

Benih Padi Unggul Dongkrak Produksi Panen

PAGARALAM POS, Pagaralam – Bantuan benih padi unggul bersertifikat dari pusat (Kementan RI, red) belum lama ini diharapkan mampu dongkrak panen di kalangan petani di Kota Pagaralam. Adapun bantuan yang disalurkan ini varietas Ciherang dan Makongga ditujukan kepada 70 poktan yang tersebar di kecamatan yang ada di Kota Pagaralam.

“Bantuan ini merupakan benih padi unggul bersertifikat mencapai 12,9 ton. Dengan adanya bantuan ini petani lebih dimudahkan lagi dari sisi operasional tanam karena tak perlu lagi memberli. Namun tak kalah penting dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan produksi panen mereka,” ucap Kepala Dinas Pertanian Gunsono Mekson SE MM didampingi Kabid Produksi Pangan Hendri Hendriawan Spi MP melalui Fungsional Penyuluh Hendra Gunaawan SP kepada Pagaralam Pos belum lama ini.

Hendra menyebutkan, penyaluran bantuan untuk kebutuhan benih musim tanam Asep (April - September) dan Okmar (Oktober – Maret).

Untuk diketahui ditahun 2021, bahwa Dinas Pertanian Kota Pagaralam sudah menyalurkan benih padi sebanyak 25 ton kepada Poktan. Jika bantuan benih tersebut jenis Ciherang dan Mekongga. Jumlahnya untuk kebutuhan tanam mencapai sekitar 1.000 hektar.

Adanya bantuan benih padi ini rutin tiap tahun disalurkan kepada petani yang tergabung dalam kelompok. “Dengan adanya upaya penyaluran bantuan benih, tetap bisa menjaga swasembada pangan. Dan tak terlepas melakukan pembinaan melalui penyuluh,” pungkas Hendra. (Atg06/min2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: