Perkarangan Rumah Sumber Pangan Keluarga

Perkarangan Rumah Sumber Pangan Keluarga

PAGARALAM POS, Pagaralam –  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Pagaralam Ir Hj Zaitun Msi mengajak masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan perkarangan rumah. Seruan ini, tak lain lingkungan sekitar tempat tinggal bisa sebagai sumber pangan keluarga.

Caranya, kata Ir Hj Zaitun Msi, dengan melakukan budidaya tanaman dan peternakan. “Lahan sempit disekitar rumah bisa untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dibutuhkan untuk konsumsi sehari hari,” katanya kepada Pagaralam Pos.

Seperti sayuran, umbi umbian atau budidaya perikanan, dia mencontohkan. Berbagai jenis sayuran dan sayuran ini tentunya tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan konsumsi anggota keluarga namun juga sebagai tambahan pendapatan ekonomi keluarga.

Hal ini sudah ditetapkan dan dilaksanakan sejumlah masyarakat yang tergabung dalam KWT, kelompok wanita tani yang ada di sejumlah kelurahan di Kota Pagaralam. “KWT ini berperan juga untuk memwujudkan ketahanan pangan keluarga juga meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Keberadaan KWT ini tentunya diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat lain. Dalam pemanfaatan halaman rumah melalui program Perkarangan Pangan Lestari (P2L). Kegiatan ini untuk mendorong masyarakat memwujudkan ketahanan pangan keluarga.

“Paling tidak bisa mencukupi kebutuhan pangan keluarga, ataupun bisa tambahan untuk peningkatan pendapatan keluarga karena hasil budidaya bisa dijual,” pungkasnya. (Atg06/min2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: