Petani Dilatih Membuat Pestisida Nabati

Petani Dilatih Membuat Pestisida Nabati

PAGARALAM POS, Pagaralam – Mendukung produktifitas pertanian bisa terjaga, para petani  di Kota Pagaralam dilatih cara pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Pelatihan tersebut melibatkan petugas POPT kecamatan dari UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Sumsel.

Koordinator PPEP POPT Pagaralam, Budi Dharma SP mengatakan, pertemuan yang dilakukan di wilayah Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah pada Selasa (5/7) lalu tak lain bertujuan memberikan pengetahuan kepada petani. Tentang cara pengendalian hama penyakit pada tanaman hortikultura salahsatunya pada budidaya tanaman Jeruk.

“Kita harapkan peserta atau petani bisa menjadi ahli dalam bidang pengendalian hama dan penyakit minimal untuk budidaya tanamannya sendiri. Sejurus bisa menularkan pengetahuan ini kepada petani lainnnya,” ucap dia.

Pesertanya dari petani Poktan Tani Subur. Pelatihan tersebut merupakan pertemuan Minggu ke 6 mengenai Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PPHT) pada tanaman Jeruk.

Lanjut Budim, pada pertemuan ini membahas tentang praktek pembuatan pestisida nabati. Pestisida nabati merupakan hasil ekstraksi bagian tertentu dari tumbuhan baik dari daun, buah, biji atau akar. Biasanya bagian tumbuhan tersebut mengandung senyawa atau metabolit sekunder dan memiliki sifat racun terhadap hama dan penyakit tertentu.

“Kegiatan pelatihan PPHT kepada petani  poktan Tani Subur juga diikuti PPL Desa Plang Kenidai dan petugas POPT di empat kecamatan yakni Dempo Tengah, Pagaralam Selatan, dan Dempo Selatan,” pungkas Budi. (Atg06/min2)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: