Kegempaan Nihil, Gunung Dempo Aman

Kegempaan Nihil, Gunung Dempo Aman

PAGARALAM POS, Pagaralam – Dari hasil data Pos Pengamatan Gunung Api Dempo di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara selama sepekan, kegiatan kegempaan Gunung Api Dempo terjadi kecenderungan normal, namun disertai kondisi cuaca di kawasan puncak Dempo yang tidak menentu. Hal ini diungkapkan ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha.

 “Saat ini kondisi Dempo tengah mengalami cuaca dingin disertai angin kencang. Diketahui berdasarkan hasil rekaman alat seismograf dan hasil pemantauan visualisasi kawasan Merapi dan puncak gunung Dempo,” katanya.

Sambungnya, kondisi cuaca tidak menentu, untuk itu diharapkan pendaki berhati-hati saat melakukan aktifitas di kawasan sekitar Gunung Api Dempo dan sekitarnya. Jangan sampai dipaksakan, sambil menunggu kondisi cuaca normal.

“Aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo (GAD) terpantau fluktuatif atau naik turun kegempaan yang terjadi, sedangkan aktifitas vulkanik maupun kegempaan tremor nihil,” jelasnya.   

            Sambungnya, sementara ini kondisi Gunung Api Dempo masih Status level II Waspada, sejak sepekan nihil kegempaan, kemudian seismograf tidak menangkap aktifitas kegempaan sejak sepekan. “Kondisi puncak Dempo secara visual terkadang diselimuti kabut tebal,” terangnya.

Lanjutnya, namun ke depan kondisi kegempaan GAD belum dapat dipastikan, apakah mengalami penurunan atau sebaliknya. Pasalnya, kalau alam tidak bisa diprediksi sedangkan Pos Pengamatan hanya sebatas melakukan pemantauan berdasarkan alat yang ada.

“Diimbau agar masyarakat, pengunjung wisata tidak mendekati dan bermalam atau kemping di pusat aktifitas kawah Merapi gunung Dempo. Terutama dalam radius 1 kilometer, serta arah bukaan kawah sejauh 2 kilometer ke sektor utara, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,” imbaunya. (Ag08/CE-V/min2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: