Idul Adha Serentak 9 Juli 2022

Idul Adha Serentak 9 Juli 2022

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tahun ini Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ditetapkan serentak diperingati pada Sabtu, 09 Juli 2022 tidak ada perbedaan kalender, baik itu yang dikeluarkan Pemerintah Pusat, Nahdatul Ulama maupun Muhammadiyah.

            Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Bahrul Hidayat melalui Kasubag Keagamaan Deni mengatakan, Pemerintah Kota Pagaralam menggelar shalat Ied di tiga tempat, yaitu kawasan Arena Ex MTQ Gunung Gare, Alun-alun Merdeka Pagaralam Utara dan Lapangan Alun-Alun Selatan, Terminal Nendagung.

Terpisah, Ketua NU Kota Pagaralam Ghazali didampingi Wakil Katif NU Pagaralam H Silahudin memastikan, berdasarkan keputusan Pemerintah Pusat, Idul Adha 1443 Hijriah ditetapkan pada Sabtu, 9 Juli 2022.

“Berdasarkan jadwal rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, puncak haji Wukuf di Padang Arafah dilaksanakan pada Jumat, 8 Juli 2022,” terangnya.

Sementara itu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pagaralam, H A Dimyati Rais, memastikan menggelar Shalat Idul Adha 1443 di dua lokasi, yakni Kompleks Perguruan Muhammadiyah dan Masjid Raya Kawasan Pasar Dempo Permai. 

            “Berdasarkan hasil musyawarah Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah, sekaligus hisab hakiki wujudul hilal, warga Muhammadiyah, khususnya di Kota Pagaralam dan sekitarnya akan melaksanakan hari raya qurban atau 10 Zulhijah 1443 hijriah, pada Sabtu, 09 Juli 2022.

            Lebih jauh dikatakannya, tahun ini Perguruan Muhammadiyah berhasil menghimpun sekitar 15 ekor sapi untuk diqurbankan, sumbangan dari pengurus, warga, para dosen dan guru Perguruan Muhammadiyah, termasuk Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Pagaralam. (Ag08/MIN2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: