Gelar Forum Satu Data Satistik Pagaralam

Gelar Forum Satu Data Satistik Pagaralam

PAGARALAM POS, Pagaralam – Memwujudkan satu data statistic di lingkun OPD dilingkup Pemkot Kota Pagaralam, Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) menggelar rapat Forum Satu Data Pagaralam Semester I Tahun 2022. Pada kesempatan pertemuan yang digelar pada Jumat (24/6) lalu, turut dihadiri BPS Kota Pagaralam selaku Pembina Statistik Sektoral dan Fungsional Perencana dari setiap organisasi perangkat daerah.

Kepala BPS Kota Pagaralam Dedi Fahlevi MSi selaku narasumber pada forum tersebut menekankan pentingnya rekomendai kegiatan statistik sektoral, pelaporan metadata statistik sektoral, dan program pembinaan statistik sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang nantinya akan bermuara pada Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kota Pagaralam.

“IPS diharapkan ke depannya akan menjadi tolok ukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan statistik di suatu daerah. Dedi menghimbau agar seluruh OPD di Kota Pagaralam untuk turut mendukung terselenggaranya IPS ini,” ujar dia.

Pada kesempatan forum yang ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang mewakili OPD dilingkup Pemkot Pagaralam. Adapun pertanyaan yang ditanyakan cukup beragam. Diantaranya, mulai dari penyusunan metadata statistik di OPD masing-masing hingga upaya peningkatan kualitas data statistik sektoral di masing-masing OPD.

Ditambahkan, Kepala Bappeda Kota Pagaralam Novi Apriadi SE MM mengatakan, jika forum ini sangat penting dilakukan untuk mensinergikan data statistic dilingkup OPD yang ada. “Dengan adanya forum ini dihasilkan keakuratan data lintas sektoral yang diharapkan data ini mencerminkan keberhasilan program kegiatan,” pungkasnya. (Atg06/min2)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: