Kegempaan Nihil, Dempo Aman

Kegempaan Nihil, Dempo Aman

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Bandung, dalam Siaran Persnya mengimbau kepada para Pendaki Gunung Api Dempo, wisatawan dan masyarakat untuk tidak beraktifitas dan mendekati Kawah Gunung Api Dempo, minimal radius 1 Km dari Kawah Merapi-Dempo. Demikian siaran Pers yang diterima Wartawan Koran ini.

Selain melarang pendaki mendekati kawah Merapi-Dempo sejauh 1 KM, PVMBG juga mengimbau masyarakat untuk menjauhi arah bukaan kawah sejauh 2 KM ke Sektor Utara. Mengingat potensi bahaya Abu Vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernafasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar Gunung Api Dempo agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, maupun perlengkapan lainnya untuk melindungi mata dan kulit.

“Berdasarkan Siaran Pers dari PVMBG. Untuk itu kita berharap masyarakat dan Pemerintah mengetahui kondisi kekinian Gunung Api Dempo,” terang Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Megian Nugraha melalui Staf, Wiwit.

Dikatakannya, saat ini kegempaan gunung api Dempo tercatat nihil. Baik tremor, asap kawah, embusan, maupun vulkanik dangkal dan vulkanik dalam, belum terekam kembali adanya aktifitas kegempaan di Alat Seismograf yang ada di Pos Pemantau Gunung Api Dempo.

Namun meskipun demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat Pagaralam umumnya dan para pendaki Gunung Api Dempo tetap waspada, karena Gunung Api Dempo masih berada di Level 2 waspada.

Terpisah, Ketua Brigade Gunung Dempo Kota Pagaralam, Arindi mengungkapkan sejauh ini belum ada larangan untuk mendaki Gunung Dempo, dan Dempo masih dibuka untuk pendakian.

Selagi masih mematuhi rekomendasi jarak dari PVMBG untuk tidak beraktifitas sejauh 1 KM dari Kawah Dempo, pendaki masih diperbolehkan mendaki Gunung Dempo. “Gunung Dempo masih aman, dan pendakian masih dibuka,” tegas Arindi. (Ag08/CE-V/'min2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: