Pemkot PGA

MI Al Azhar Pagaralam Gelar Asesmen untuk Kelas VI

MI Al Azhar Pagaralam Gelar Asesmen untuk Kelas VI

MI Al Azhar Pagaralam Gelar Asesmen untuk Kelas VI-Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAMPOS.COM - Suasana penuh semangat dan antusias terlihat di lingkungan MI Al Azhar Pagaralam saat pelaksanaan asesmen akhir bagi siswa kelas VI dimulai pada pekan ini.

Kegiatan yang merupakan ujian penentu kelulusan tersebut resmi dibuka oleh Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Pagaralam, Darudin, S.Ag., M.Pd., Senin pagi (tanggal disesuaikan), dengan prosesi simbolis pengalungan tanda asesmen kepada perwakilan peserta.

Kepala Sekolah MI Al Azhar, Dian Anggraini, S.Pd., menjelaskan bahwa asesmen ini menjadi salah satu momen penting dalam perjalanan pendidikan siswa. Ia menegaskan bahwa asesmen bukan hanya sekadar ujian akademik, tetapi juga sarana untuk mengukur kedisiplinan, tanggung jawab, serta kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan.

BACA JUGA:Capim KPK di Asesmen, Rekam Jejak Harus Seperti Ini

"Selama satu minggu ke depan, seluruh kegiatan akan difokuskan pada pelaksanaan asesmen. Kami berharap anak-anak dapat melaluinya dengan baik, penuh semangat, dan tentu saja menjunjung tinggi nilai kejujuran serta disiplin," ujar Dian.

Ia menambahkan, pihak sekolah telah memberikan berbagai pembekalan sejak jauh hari untuk memastikan kesiapan para siswa, baik secara akademik maupun mental. Dengan suasana pembelajaran yang kondusif dan dukungan penuh dari para guru, Dian optimis siswa MI Al Azhar dapat meraih hasil terbaik dalam ujian akhir ini.

"Kami percaya bahwa dengan kedisiplinan yang ditanamkan sejak dini, anak-anak akan menuai hasil yang maksimal. Dan semoga ini menjadi pijakan awal mereka untuk menapaki jenjang pendidikan berikutnya dengan lebih percaya diri," tambahnya.

BACA JUGA:AMBA! Inovasi dalam Asesmen Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu, Cek Lengkapnya Disini!

Sementara itu, Pengawas Madrasah Kemenag Kota Pagaralam, Darudin, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kesiapan MI Al Azhar dalam menyelenggarakan asesmen. Ia juga menekankan bahwa asesmen madrasah memiliki peran strategis dalam menilai pencapaian kompetensi siswa yang telah dibina selama enam tahun.

"Asesmen ini bukan hanya untuk menentukan kelulusan, namun juga menjadi tolok ukur seberapa jauh madrasah mampu memfasilitasi perkembangan intelektual, emosional, dan spiritual peserta didik," kata Darudin.

Ia berharap agar siswa-siswi MI Al Azhar dapat memperoleh hasil terbaik sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan. Tidak hanya itu, ia juga mengajak seluruh civitas madrasah untuk terus memotivasi peserta didik agar terus berprestasi dan berkembang di masa depan.

"Peran guru sangat krusial dalam membimbing siswa mencapai potensi terbaiknya. Saya berharap madrasah tidak hanya fokus pada hasil akademik, tetapi juga menanamkan karakter kuat yang akan berguna bagi kehidupan mereka di kemudian hari," tegasnya.

 BACA JUGA:Kemenag Bersama CCEM Tingkatkan Model Asesmen Diagnostik Siswa Madrasah

Kegiatan asesmen ini juga menjadi momentum introspeksi bagi para guru dan tenaga pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan.

MI Al Azhar, yang dikenal sebagai salah satu madrasah unggulan di Pagaralam, terus menunjukkan komitmennya dalam mendidik generasi muda yang cerdas, berakhlak, dan siap bersaing di era global. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait