TP-PKK Pagar Alam Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Senin 28-10-2024,19:07 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM– Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan mendorong kemandirian masyarakat dalam mengelola lingkungan, TP PKK Kota Pagaralam mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi anggota TP PKK Kecamatan Dempo Tengah.

Kegiatan ini ditujukan terutama untuk memberikan keterampilan kepada ibu-ibu rumah tangga mengenai cara pembuatan dan manfaat pupuk organik.

Ketua TP PKK Kecamatan Dempo Tengah, Suryati, SH, MH, menjelaskan pelatihan ini bertujuan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan dasar pembuatan pupuk organik.

“Kami berharap pelatihan ini bisa menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk lebih mandiri dalam mengelola pekarangan secara produktif dan ramah lingkungan,” ujarnya.

BACA JUGA:Jadi Pilot Project Dasa Wisma, Ujung Tombak Program PKK

Pupuk organik, yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti sisa tumbuhan, hewan, dan limbah organik lainnya, menjadi pilihan tepat untuk pertanian berkelanjutan karena ramah lingkungan.

Selain itu, penggunaannya diyakini dapat meningkatkan kesuburan tanah secara alami, mendukung keberlanjutan sumber daya alam, serta membantu mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia yang sering kali merusak lingkungan dalam jangka panjang.

Suryati menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan peserta memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal.

Sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan keluarga akan sayuran atau buah-buahan segar, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

BACA JUGA:Meningkatkan Kualitas Program PKK, TP-PKK Pagar Alam Studi Dasa Wisma ke Bandung

“Dengan pemanfaatan pekarangan yang produktif, ibu-ibu peserta pelatihan bisa menghasilkan tanaman yang dapat mendukung ekonomi keluarga,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekaligus menciptakan peluang ekonomi melalui pengelolaan lahan pekarangan.

Pelatihan ini menjadi bagian dari komitmen TP PKK dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan mendorong pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di Kota Pagaralam.

Kategori :