Ngeri! Ternyata Ini Misteri Dibalik Gunung Merapi, Gunung Api Paling Aktif di Indonesia Simak Penjelasannya!

Sabtu 26-10-2024,14:35 WIB
Reporter : Gelang
Editor : Almi

Letusan ini menimbulkan kehancuran yang sangat parah, mengubur desa-desa di lereng gunung dan meninggalkan lahar dingin yang meluas hingga ke wilayah yang jauh dari Merapi.

BACA JUGA:Jejak Sejarah! Mengungkap Warisan Manusia Purba di Situs Arkeologi Gua Pawon

Kisah kelam dari letusan ini juga menyisakan tragedi yang menyedihkan, salah satunya adalah meninggalnya Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi yang dianggap memiliki ikatan kuat dengan alam mistis di gunung tersebut.

Sebagai juru kunci, Mbah Maridjan dipercaya dapat merasakan tanda-tanda akan terjadinya letusan.

Namun, saat letusan besar tahun 2010 terjadi, Mbah Maridjan ditemukan tewas dalam posisi bersujud di rumahnya di Kinahrejo, mengisyaratkan pengabdiannya hingga akhir hayat.

Gunung Merapi dan Kekuatan Alam yang Mengerikan

Gunung Merapi hingga kini tetap aktif dan selalu dipantau oleh para ahli geologi dan vulkanologi.

BACA JUGA:Gua Pawon! Menyelami Sejarah Manusia Purba di Indonesia

Kehadiran gunung ini menjadi peringatan akan kekuatan alam yang tak bisa ditentang dan penuh misteri.

Bagi masyarakat sekitar, Merapi bukan hanya sekadar gunung, tetapi juga simbol dari kehidupan dan kematian, legenda dan kenyataan.

Kisah kelam dan cerita mistis yang ada di baliknya menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka, memberikan rasa hormat dan ketakutan kepada alam yang maha kuasa.

Meskipun kini sudah ada sistem peringatan dini untuk mengantisipasi letusan Gunung Merapi, mitos, legenda, dan kisah kelamnya tetap hidup dalam benak masyarakat sebagai pengingat bahwa alam harus selalu dihormati.

Kategori :