Ngeri! Ternyata Ini Misteri Dibalik Gunung Merapi, Gunung Api Paling Aktif di Indonesia Simak Penjelasannya!

Sabtu 26-10-2024,14:35 WIB
Reporter : Gelang
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Merapi, yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, bukan hanya dikenal sebagai gunung api paling aktif di Indonesia tetapi juga menyimpan kisah-kisah kelam yang melibatkan legenda, mitos, dan tragedi.

Di balik keindahannya, Gunung Merapi menyimpan cerita yang berkaitan dengan sejarah panjang letusan yang menewaskan banyak orang dan mitos tentang kekuatan mistis yang diyakini melindungi gunung ini.

Penduduk lokal, terutama masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah, menganggap Merapi sebagai gunung keramat, dan beberapa cerita yang melekat di dalamnya masih menjadi perbincangan hingga kini.

Legenda Nyi Roro Kidul dan Eyang Merapi

Salah satu legenda yang dikenal luas adalah keterkaitan antara Gunung Merapi dengan Nyi Roro Kidul, sang Ratu Laut Selatan, dan Eyang Merapi.

BACA JUGA:Sejarah Menteri Pertahanan Pertama Indonesia: Kontribusi Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam Pertahanan Nasiona

Menurut kepercayaan lokal, Gunung Merapi merupakan bagian dari kawasan gaib yang dijaga oleh makhluk-makhluk mistis.

Eyang Merapi dipercaya sebagai penjaga gunung ini dan memiliki keterkaitan dengan istana Nyi Roro Kidul di Laut Selatan.

Konon, terdapat jalur mistis yang menghubungkan Keraton Yogyakarta dengan Gunung Merapi dan Laut Selatan.

Raja-raja Mataram pada masa lalu juga mengakui keberadaan kekuatan mistis ini dan melakukan berbagai ritual khusus untuk menjaga keseimbangan alam.

BACA JUGA:Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Puncak Perjuangan Bangsa

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng Merapi sering mengadakan upacara Labuhan Merapi, sebuah ritual persembahan untuk menjaga hubungan harmonis antara manusia dengan roh penunggu Merapi.

Ritual ini juga dipercaya dapat mencegah terjadinya bencana letusan yang dahsyat.

Penduduk percaya bahwa Eyang Merapi dan roh penunggu lain berperan dalam menjaga gunung ini agar tetap tenang.

Dalam beberapa cerita, roh penunggu Merapi bahkan disebutkan dapat "memberi tahu" warga jika bencana akan terjadi.

Kategori :